Mitra Sejajar Pemkot, DPRD Baubau Tetap Bekerja Efektif dan Produktif

44
Rapat paripurna dalam rangka Hari Jadi Baubau ke-480 dan HUT Kota Baubau ke-20 sebagai daerah otonom di kantor DPRD, Minggu 17 Oktober 2021.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – DPRD Kota Baubau menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Jadi Baubau ke-480 dan HUT Kota Baubau ke-20 sebagai daerah otonom di kantor DPRD, Minggu 17 Oktober 2021.

-Advertisements-

Saat memimpin rapat, Ketua DPRD Baubau H Zahari menuturkan, meski sepanjang tahun kedua masa bakti 2019-2024 diselimuti oleh pandemi, pihaknya tetap berupaya bekerja secara efektif dan produktif sebagai mitra sejajar Pemkot Baubau yang objektif, kritis dan konstruktif.

Pada dasarnya, kinerja DPRD berbicara tentang memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, yang diekspresikan melalui tiga fungsi utama yakni, fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

“Dalam pelaksanaan fungsi pembentukan peraturan daerah, DPRD dan Pemkot Baubau telah menyepakati Program Pembentukan Perda Tahun 2021 sejumlah 19 buah Rancangan Perda prioritas dan tiga buah Rancangan Perda program kumulatif terbuka,” tuturnya.

Pada pelaksanaan fungsi anggaran, DPRD bersama Pemkot telah menyelesaikan pembahasan dan menyetujui APBD Tahun Anggaran 2021, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, dan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. Pada pelaksanaan fungsi ini, DPRD juga telah melakukan pembahasan terhadap realisasi anggaran semester pertama tahun anggaran 2021 dan prognosis enam bulan berikutnya.

“Sedangkan untuk pelaksanaan fungsi pengawasan, sepanjang 1 Oktober 2020 hingga 30 September 2021, Komisi-Komisi melakukan serangkaian rapat dan kunjungan lapangan, baik yang bersifat rutin maupun dalam rangka menindaklanjuti isu-isu aktual dan strategis. Bahan utama fungsi pengawasan DPRD adalah aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam berbagai bentuk dan saluran,” ujarnya.

Ketua Golkar Kota Baubau ini menjelaskan, hari jadi yang diperingati ini, merepresentasikan perkembangan Kota Baubau dalam setiap generasi.

Peninggalan peradaban Kesultanan Buton sebagai bagian dari sejarah nusantara hingga era otonomi daerah dalam bingkai NKRI, masih kokoh berdiri megah hingga kini, yang merekam sejarah, peradaban, dan prestasi, serta nilai-nilai yang ditransmisikan dari generasi ke generasi.

Rasa bangga akan identitas ini, bukan berarti terjebak romantisme kejayaan masa lalu, melainkan melecut agar bergerak maju dan membangun masa depan.

“Bercermin pada khazanah sejarah, maka peringatan hari jadi ini patut kita jadikan momentum untuk memperkuat perananan kewilayahan Kota Baubau kini dan nanti, sebagai titik episentrum kegiatan daerah-daerah eks Kesultanan Buton dan sebagai ibu kota calon Provinsi Kepulauan Buton yang sama-sama kita cita-citakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, tambah Zahari, pimpinan dan anggota DPRD Baubau bangga dan mengapresiasi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau serta jajaran perangkat daerah, unsur Forkopimda dan segenap komponen stakeholder dan komunitas, serta seluruh warga masyarakat Kota Baubau pada umumnya, atas segala karya nyata dan kolaborasi merangkai pembangunan kota yang berkelanjutan.

“Tak lupa pada momen yang berbahagia ini, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bergotong royong mengatasi pandemi dan dampak yang ditimbulkan. Disisi lain, meski kasus Covid-19 terus melandai, kami mengingatkan untuk tetap waspada dan disiplin menaati protokol kesehatan. Jangan membuka ruang munculnya gelombang baru, sehingga kita tetap aman, tetap sehat, dan tetap produktif,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...