Wakil Bupati Butur Tekankan Keuangan BUMDes Dikelola dengan Baik

Wakil Bupati Butur, Ahali memberikan sambutan pada acara Lokalatih penyusunan keuangan BUMDes. (Humas Setda Butur)
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com – Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupaten Buton Utara (Butur), ditekankan untuk mengelolah anggaran dengan baik dan terus berinovasi. Olehnya itu, pentingnya peningkatan Sumbar Daya Manusia (SDM) yang berdaya guna dan berkualitas.

Untuk menunjang pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan BUMDes tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Butur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) setempat bekerja sama dengan Yayasan IDRAP Sulawesi Tenggara menggelar Lokalatih penyusunan laporan keuangan BUMDes di Aula Bappeda Butur. Senin, 18 Oktober 2021.

-Advertisement-

Wakil Bupati Butur, Ahali mengatakan, pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam rangka pemanfaatan potensi ekonomi desa secara maksimal.

Menurutnya, mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk masyarakat yang bernilai tambah dan berdaya saing hingga memberi dampak bagi peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Ahali menekankan kepada pengelolah dana desa agar anggaran yang masuk di desa dikelolah dengan sebaik-baiknya.

“Apabila tidak dikelolah dengan baik, menyalahi ketentuan yang berlaku, bisa membawa masalah buruk terutama bagi pengelolahnya sendiri akan berurusan dengan aparat hukum, dan masayarakat desa pada umumnya mengalami kerugian,” katanya.

Mantan perwira polisi ini berharap, agar keuangan BUMDes bisa membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian pengelolaan BUMDes harus dilakukan dengan penuh inovasi, profesional dan merubah polah pikir (mindset), serta meninggalkan rutinitas yang tidak produktif.

Lokalatih penyusunan laporan keuangan Bumdes kali ini merupakan bentuk kerjasama antara BPMD Butur dan IDRAP Sultra yang berlangsung 3 gelombang mulai tanggal 18 Oktober sampai dengan 23 Oktober 2021.

Editor : Rido

Facebook Comments