Kerja Sama di Bidang Ekonomi, Wali Kota Kendari Tandatangani Mou dengan Konsel dan Konut

27
Suasana Penandatanganan kesepakatan kerja sama daerah KSDD antara Walikota Kendari, Bupati Konawe Selatan, dan Bupati Konawe Utara.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Wali Kota Kendari, Bupati Konawe Selatan, dan Bupati Konawe Utara, melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama Kerjasama Daerah Dengan Daerah Lain (KSDD) di berbagai bidang prioritas dalam rangka percepatan pengembangan ekonomi, Kamis 21 Oktober 2021.

-Advertisements-

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan kegiatan penandatanganan pesepakatan bersama KSDDD merupakan hal yang sangat bagus untuk menjembatani potensi-potensi yang ada di seluruh daerah.

“Dan kami di Pemerintah Kota Kendari apalagi berposisi ibu kota provinsi sangat mendukung, supaya seluruh potensi yang ada di Sulawesi Tenggara ini dan di kabupaten bisa dijembatani,” katanya.

“Dan hari ini kita mulai dengan Konawe Selatan dan Konawe Utara, mudah-mudahan bisa ditindak lanjuti dengan kabupaten lain yang secara hinterland yang punya potensi bisa di kerjasamakan,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Lulo ini menilai bahwa hal tersebut memiliki dampak positif bagi pemerintah kota kendari.

“Ini sagat berdampak positif karena kita tau bersama bahwa di konawe utara ada wisata labengki, begitu juga di konawe selatan ada potensi sayur mayur, daging untuk sapi potong, dan sementara kita punya RPH terbaik, nah ini yang bisa kita kerjasamakan agar bisa memenuhi paling tidak konsumsi masyarakat lokal yang ada di wilayah kita,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Darrah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar menjelaskan bahwa maksud kesepakatan ini adalah kemitraan yang saling menguntungkan antara bagi para pihak dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

“Tujuan kesepakatan bersama ini adalah memaksimalkan kerjasama daerah di bidang ekonomi melalui berbagai sektor prioritas,” terangnya.

Berikut Poin-poin Penandatanganan dalam kerjasama daerah KSDD dengan Pemerintah Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe Utara yang disebutkan oleh Sekda Kota Kendari.

1. Kesepakatan kerjasama daerah kota kendari dengan kabupaten Konawe Selatan dengan ruang lingkup kerjasama daerah yakni sektor pertanian, peternakan, perikanan, dagang, pariwisata, perhubungan, dan sektor Informasi Komunikasi.

a. Kesepakatan Bersama untuk daerah kota kendari dan kabupaten konawe selatan yang telah disiapkan di sektor pertanian, sektor perdagangan, sayur mayur komoditi yang disepakati yakni, cabe merah, lombo, tomat, kangkung, tering, bayam, kacang panjang, ketimun dan sawi.

b. Kesepakatan Bersama untuk daerah kota kendari dan kabupaten konawe selatan di sektor peternakan yaitu di bidang perdagangan sapi potong.

c. Kesepakatan Bersama untuk daerah kota kendari dan kabupaten konawe selatan di sektor peternakan yaitu bidang penyediaan pakan unggas yakni pakan ayam organik dan tepung ikan.

d. Kesepakatan Bersama untuk daerah kota kendari dan kabupaten konawe selatan yang sedang disiapkan yaitu sektor pariwisata, bidang SDM, Promosi Wisata Air tejun Moramo dan Desa Namu.

1. Kesepakatan Bersama untuk daerah kota kendari dan kabupaten konawe Utara dengan ruang lingkup kerjasama daerah yaitu sektor pariwisata, perkebunan, perikanan, perdagangan, pertanian, dan sektor perhubungan.

“Perjanjian kerjasama daerah Kota Kendari dan Konawe Utara yang telah disiapkan bidang pariwisata yakni Pulau Labengki,” imbuhya.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...