Pemkot Baubau Tingkatkan Profesionalisme dan Kualitas Pemandu Wisata

20
Wali Kota Baubau AS Tamrin saat membuka pelatihan pemandu wisata budaya (cagar budaya, museum, keraton dan candi) Kota Baubau, Senin 1 November 2021.

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pariwisata Kota Baubau meningkatkan (upgrade) profesionalisme dan kualitas para pemandu wisata (tour guide) melalui pelatihan pemandu wisata budaya (cagar budaya, museum, keraton dan candi), Senin 1 November 2021.

Peningkatan kapasitas dan kemampuan tersebut sangat penting karena peran pemandu wisata sangat besar sekaligus menjadi ujung tombak edukasi informasi terhadap seluruh destinasi wisata yang ada di Kota Baubau.

- Advertisement -

Hal tersebut menjadi salah satu komitmen Pemkot Baubau, dimana sektor pariwisata menjadi primadona bagi sumber-sumber peningkatan kemakmuran masyarakat.

Wali Kota Baubau AS Tamrin menuturkan, tugas para pemandu wisata tidak semudah yang terlihat karena mengandung berbagai fungsi mulai dari sosialisasi atau pemahaman dan harus mampu memberikan pelayanan prima kepada seluruh wisatawan yang berkunjung.

“Tugas pemandu wisata ini kelihatannya ringan-ringan saja, padahal tidak. Mereka harus membuat kesan agar Baubau pantas menjadi pusat peradaban dan tujuan wisata. Olehnya itu saya sangat apresiasi pelatihan ini,” tutur AS Tamrin saat membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau Idrus Taufiq Saidi menambahkan, dalam pelatihan ini para peserta akan menerima materi dan praktek dari orang-orang yang kompeten terkait arah kebijakan pemerintah terhadap pengembangan sektor wisata dan peningkatan kemampuan berkomunikasi dengan wisatawan.

“Peningkatan profesionalisme dan kualitas ini sangat dibutuhkan karena sejalan dengan tugas dinas pariwisata yakni promosi dan menjual potensi wisata agar menjadi tujuan kunjungan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara sekaligus menggerakkan roda pelaku ekonomi kreatif masyarakat yang berada di kawasan destinasi wisata,” tandas mantan Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau ini.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...