Lestarikan Sejarah, Pasukan Elit Polri Gelar Pengecatan dan Pembersihan Tugu Perjuangan Brimob di Sultra

Pengecatan dan pembersihan tugu serta pembagian sembako di Desa Aseminunulai Kecamatan Asera Kabupaten Konawe Utara.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Lestarikan sejarah perjuangan pasukan Mobile Brigade (Mobrig) di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), personel Satbrimob Polda Sultra melakukan pengecatan dan pembersihan tugu perjuangan Brimob.

-Advertisements-

Sulawesi Tenggara merupakan daerah yang mempunyai histori erat dengan pasukan korps Brimob atau yang kala itu disebut dengan pasukan Mobile Brigade (Mobrig).

Pasukan Mobrig melaksanakan operasi pengejaran pemberontak pimpinan Kahar Muzakkar yang malang melintang di jazirah bumi anoa saat itu.

Di Sultra, ada 5 titik tugu perjuangan Brimob yang dibangun. Dimana lima titik Tugu Brimob, pernah menjadi lokasi pertempuran antara gerombolan DI/TII yang dipimpinan Kahar Muzakkar dengan pasukan Mobrig.

Merawat tugu perjuangan korps Brimob dilakukan pengecatan dan pembersihan dalam upaya melestarikan sejarah perjuangan pasukan Brimob di Provinsi Sultra jelang HUT Brimob Polri ke-76.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga mengatakan, tugu perjuangan Korps Brimob ada dibeberapa titik di Sultra, di Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah, Kecamatan Kabaena dan Kecamatan Rumbia serta Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana dan Desa Aseminunulai, Kecamatan Asera, Konawe Utara (Konut).

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi momentum memperingati perjuangan para pahlawan yang secara bahu membahu bersama masyarakat turut menjaga kedaulatan NKRI dari pihak-pihak yang ingin mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap Adarma Sinaga.

Selain melaksanakan pembersihan dan pengecatan tugu, personel Brimobda Sultra juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu.

“Paket sembako disalurkan di sekitar tempat pelaksanaan kegiatan pembersihan dan pengecatan tugu bersama-sama dengan masyarakat setempat yang secara sukarela dan antusias turut membantu personel Brimob,” tutupnya.

Reporter : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...