Terima Banyak Keluhan, Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha

Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), La Isnain Lakimi.(ist)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha dan koperasi, Selasa 2 November 2021 lalu.

Kegiatan tersebut merupakan pelatihan gelombang III dan IV dari rangkaian pelatihan yang telah digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Isnain Kimi mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi Dinas Koperasi dan UMKM, para peserta pelatihan banyak mengeluhkan tentang cara mengelola koperasi.

“Banyak yang mengeluhkan tata cara membuat laporan keuangan dan penguatan modal. Untuk masalah penguatan modal ini yang menjadi tantangan terbesar kita,” kata Isnain Kimi.

Ia menjelaskan, telah ada solusi yang ditawarkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra guna mengatasi permasalahan ini. Di koperasi ada namanya pendamping Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Ini salah satunya akan didorong terutama yang ada di Kota Kendari. Pendamping KUR nantinya yang akan memfasilitasi hingga ke bank dan kementerian,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selama empat bulan terakhir ini pendamping KUR sudah berlaku efektif dan sudah banyak pelaku koperasi yang sudah dikuatkan oleh perbankan melalui pendamping KUR.

“Berdasarkan penilaian Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sultra, pendamping KUR ini cukup membantu penguatan modal para pelaku koperasi dan UMKM,” tutupnya.

Reporter : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry