Tingkatkan SDM Bagi Guru, Dosen BK UHO laksanakan Pengabdian Masyarakat

35
Dosen BK UHO foto bersama dengan Guru SD 1 Ranomeeto.

Kendari, Inilahsultra.com – Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Dosen BK UHO, M. Ridwan Tahir mengatakan bahwa dalam pengabdian tersebut dilakukan untuk memberikan pelatihan Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Guru kelas di SD 1 Ranomeeto.

- Advertisement -

“Peningkatan kualitas pendidikan merupakan isu utama program pemerintah, baik Pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, hingga menempatkan pembangunan pendidikan sebagai proritas program kerjannya, utamanya adalah peningkatan SDM,” katanya.

Ridwan menerangkan, pningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini adalah guru yang menjadi sesuatu sangat penting, karena tugas guru bukan hanya sekedar mengajar.

“Bahkan mengajar pun seorang guru bukan sekedar menyampaikan materi tapi juga bagaimana seorang guru bisa merubah perilaku, dan mampu mengelola peserta-peserta didik yang bermasalah,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan berbagai masalah tersebut dibutuhkan pendidik yang memiliki kemampuan dalam bidang bimbingan dan konseling dalam hal ini adalah guru BK.

“Jadi, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat, Jurusan BK Universitas Halu Oleo melaksanakan Pelatihan Layanan Bimbingan & Konseling Bagi Guru Kelas pada salah satu sekolah di Kabupaten Konawe Selatan,” imbuhnya.

Selain itu, Ridwan menjelaskan, tujuan Pelaksanaan Pelatihan layanan Bimbingan Konseling ini ada dua, yakni meningkatkan pemahaman para guru kelas terkait dengan Layanan BK, dan meningkatkan keterampilan para guru dalam melakukan Layanan Bimbingan dan konseling terhadap para siswa yang bermasalah.

Olehnya itu, dia berharap para guru kelas pada tingkat Sekolah Dasar, tidak hanya memiliki kemampuan dalam bidang pengajaran, tetapi juga memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa di sekolah tersebut.

“Kami dari Jurusan Bimbingan Konseling, akan terus berupaya agar kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan, agar lebih banyak lagi masyarakat yang bisa menerima manfaatnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa (16/11/2021), di Gedung Sekolah SD Negeri 1 Ranomeeto. Peserta dari Kegiatan ini adalah para guru-guru di SD Negeri 1 Ranomeeto.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...