Curah Hujan Tinggi, Beberapa Rumah di Mubar Tergenang Banjir

93
Tampak rumah warga di Mubar tergenang banjir.

Laworo, Inilahsultra.com – Tingginya curah hujan akhir-akhir ini menyebabkan beberapa rumah di Kabupaten Muna Barat (Mubar) tergenang banjir.

Hujan deras yang diwarnai angin kencang hampir tiap hari itu membuat di beberapa titik perumahan warga dimasuki air. Selain itu, arus air yang mengalir deras di beberapa drainase, meluap hingga di jalan raya.

- Advertisement -

Berdasarkan pantauan jurnalis ini, sejumlah wilayah yang terendam banjir akibat hujan itu seperti di SMP 1 Barangka, Desa Wuna, Desa Lombu Jaya, rumah tenun di Desa Waulai, Kelurahan Wamelai dan Didesa Lagadi.

Kepala BPBD Mubar, Ibrahim Rasimu, melalui Staf Ahli Kebencanaan Mubar, Asis Nurul Syawal mengatakan, terkait dengan genangan air akibat curah hujan, akan secepatnya melakukan penanganan.

“Kita akan segera mengaktifkan sistim komando siaga darurat banjir untuk menangani kedaruratan,” kata Syawal kepada jurnalis Inilahsultra.com. Jumat, 19 november 2021.

Selain itu, pihaknya bersama tim lainnya juga sudah melihat beberapa titik yang digenangi banjir. Sehingga, rencananya secepatnya akan melakukan tinjauan langsung.

“Nanti akan buat tim khusus atau tim penanganan banjir,” katanya.

Senada dengan Analis Mitigasi Bencana BPBD Mubar, Amsar. Dirinya juga membenarkan genangan banjir yang merendam beberapa rumah di Mubar.

“Iya. Kita juga sekarang akan melakukan antisipasi, beberapa rumah memang tergenang air. Kita tetap lakukan monitoring,” ucapnya.

Reporter : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...