Rektor Zamrun : UHO Sudah Bekerja Sama Berbagai Pihak untuk Mahasiswa Masuk Dunia Kerja

80

Kendari, Inilahsultra.com – Langkah
Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk mendapatkan pekerjaan para alumni, salah satunya melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Dalam kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini, lulusan mendapat pekerjaan yang Layak terdiri dari pekerjaan, studi lanjut dan kewirausahaan. Kemudian, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus terdiri dari data aktivitas pengalaman di luar kampus dan prestasi.

- Advertisement -

Setiap perguruan tinggi bekerja sama sesama perguruan tinggi, berbagai pemangku kepentingan baik dari pemerintah maupun swasta dan industri dunia.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengaku, UHO sebagai salah satu institusi pendidikan memiliki komitmen tinggi dalam mempersiapkan mahasiswanya sebelum memasuki dunia kerja.

Salah satu persiapan UHO, saat ini kata Zamrun, UHO telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, instansi pemerintah dan dunia industri untuk membekali mahasiswa pada saat menjadi alumni sudah memiliki pengalaman.

Rektor UHO 2 periode ini menambahkan, banyak alternatif lain yang dapat dipilih oleh mahasiswa saat berada di dunia kerja dan syaratnya harus mempersiapkan diri.

“Kita di UHO sudah berusaha dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat diakses mahasiswa kita untuk memasuki dunia kerja,” kata Prof Muhammad Zamrun Firihu, Kamis 24 November 2021.

Zamrun mengaku, saat ini publik tahu kalau lapangan kerja di sektor pegawai negeri sipil (PNS) penerimaan sangat terbatas.

“Dengan kerja sama berbagai pihak ini, sekarang di perguruan tinggi kita usahakan mahasiswa fokusnya nanti setelah lulus tidak hanya menjadi PNS. Tetapi bisa bersaing dunia kerja lainnya,” tutupnya.

Untuk diketahi, UHO telah bekerjasama dengan PT. Tiran Group, untuk membuka peluang bagi mahasiswa yang akan magang di PT. Tiran Group dalam mengenal dunia industri yang sebenarnya.

Kemudian, Fakultas Kedokteran (FK) UHO menjalin kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Rumah Sakit (RS) Dr Ismoyo, Rumah Sakit Jiwa (RSJ), Camat Konda, Camat abeli, Camat Nambo dan Puskesmas Konda.

Kerjasama ini merupakan sinergitas untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar yang digagas Kemendikbudristek. Diharapkan menjadi landasan dalam menjalankan kerja sama melaksanakan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi.

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik (FT) UHO Kendari jalin kerja sama dengan PT. Pembangunan Perumahan (PP) Tbk selama lima tahun dalam rangka pelaksanaan Tridarma perguruan Tinggi termasuk dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Reporter : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...