Sosialisasi Perda Pembangunan Pemuda, AJP : Pemda Bertanggungjawab Kembangkan Potensi Pemuda

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Aksan Jaya Putra sosialisasi Perda Pembangunan Kepemudaan.(ist)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Aksan Jaya Putra mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pembangunan Kepemudaan.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di dua tempat berbeda yang dihadiri puluhan pemuda, pemerintah kelurahan dan pemerintah kecamatan serta Dispora Sultra, Kamis 2 Desember 2021.

-Advertisement-

Aksan Jaya Putra juga Wakil Ketua Komisi III DPRD mengatakan, mensosialisasikan Perda tentang Pembangunan Kepemudaan sudah menjadi tanggung jawab legislatif dan Dispora.

“Melalui sosialisasi Perda ini diharapkan dapat mendukung perkembangan potensi pemuda di Sultra,” kata Aksan Jaya Putra dalam sambutannya.

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, dalam Perda tersebut pemerintah bertanggung jawab dalam melakukan pengembangan potensi pemuda. Maka dengan begitu, pemuda memahami bahwa Pemda sudah memayungi aktifitas pemuda.

“Dalam Perda ini Pemda memiliki tanggung jawab melaksanakan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan potensi pemuda sebagai karakteristik dan potensi daerah,” jelasnya.

Perda tersebut, lanjut pria yang biasa disapa AJP ini mengatakan, untuk memayungi aktifitas kepemudaan, dengan begitu Pemda bisa mengalokasikan anggaran dari APBD untuk organisasi kepemudaan.

Selain itu, diharapkan seluru pemuda dapat memahami peran dan tanggung jawabnya, sehingga pemerintah dapat bersinergi dalam membangun sumber daya manusia yang ada.

“Diharapkan para pemuda mengetahui ketika mereka membentuk sebuah wadah, mulai dari sisi kewirausahaan maupun yang lain dapat terpayungi secara hukum, sehingga ke depan ketika mereka meminta bantuan bisa diakomodir,” tutupnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kadispora Sultra, Trio Prasetio mengatakan, fungsi dan peran pemuda yang sangat strategis, sehingga perlu dikembangkan potensi melalui perberdayaan dan pengembangan.

“Untuk mewujudkan tujuan pembangunan, diperlukan peran pemuda yang aktif,” tutupnya.

Reporter : Haerun

Facebook Comments