Dampak Positif Festival Budaya Busel, Penghasilan Pelaku UKM Meningkat

170
Pertunjukan tari memeriahkan pagelaran Festival Budaya Buton Selatan.
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com – Sebagai bagian dari eks Kesultanan Buton, masyarakat Kabupaten Buton Selatan (Busel) hingga kini masih memegang teguh dan kuat tradisi budaya dan adat istiadat peninggalan leluhur.

-Advertisements-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel pun memberikan support yang sangat besar dalam kelestarian budaya tradisi leluhur tersebut. Support (dukungan) tersebut ditunjukan melalui pagelaran Festival Budaya Buton Selatan.

Festival budaya yang dipusatkan di lapangan Lakarada Kecamatan Batauga tersebut berlangsung selama empat hari, tepatnya 6-9 Desember 2021.

-Advertisements-

Berbagai atraksi budaya terus ditampilkan dalam kegiatan pagelaran tersebut. Mulai dari, tarian Lawati, seni pertunjukan terbuka , Ritual Kapelanto (Tuturangiana Andala) sekaligus karnaval kapal laut pertunjukan seni tari eksplorasi, doa tolak bala, dan pesta kuliner tradisional serta beberapa kegiatan lainnya.

Menariknya, pagelaran Festival Budaya Buton Selatan tersebut membawa berkah bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di lapangan Lakarada ini. Bagaimana tidak, selama kegiatan tersebut berlangsung, penghasilan pelaku UKM ini mengalami peningkatan.

Salah seorang pelaku UKM Irmawati menuturkan, pagelaran Festival Budaya Buton Selatan membawa dampak positif bagi dirinya sebagai pelaku UKM di lapangan Lakarada.

“Alhamdulillah selama kegiatan ini penghasilan saya meningkat, karena kan masyarakat se Busel berkumpul disini. Mereka bisa sambil ngopi saat menonton pagelaran ini,” tuturnya, Kamis 9 Desember 2021.

Warga Bandar Batauga ini mengapresiasi Pemkab Busel karena telah memberikan bantuan gerobak jualan termasuk tempat untuk berjualan di lapangan Lakarada.

“Terima kasih sudah memberikan kami tempat untuk menjual disini, termasuk bantuan gerobak jualan untuk menambah penghasilan kami,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...