Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Kadin Konsel, Adi Jaya Putra Siap Berdayakan Pelaku UMKM

Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Adi Jaya Putra (AJP) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2021-2026.

Terpilihnya putra Bupati Konsel, H Surunuddin ini melalui Musyawarah Kabupaten III dibuka langsung Sekda Konsel Sjarif Sajang yang digelar di salah satu hotel di Ranomeeto, Selasa 28 Desember 2021.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena telah dipercayakan kembali untuk memimpin Kadin Konsel,” kata Adi Jaya Putra saat ditemui di sela-sela kegiatan musyawarah.

Politikus Golkar ini menjelaskan, terkait program kerja tentunya dirinya akan melanjutkan apa yang menjadi harapan Kadin sebelumnya. Namun ia akan lebih fokus mengembangkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Konsel. Apalagi saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Para pelaku UMKM ini harus diberikan perhatian lebih, karena mereka melibatkan banyak orang dan pelaku usahanya lebih banyak daripada menengah ke atas,” ungkapnya.

Hal ini juga, lanjutnya, sesuai dengan amanah Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) melalui Kadin Indonesia untuk mensinergikan Kadin dan Pemerintah Daerah.

“Langkah awal di Januari 2022 mendatang kami akan melakukan pendataan dalam rangka melakukan verifikasi data sehingga layak diberikan layak diberikan bantuan,” urainya.

Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku UMKM pihaknya akan melaksanakan pelatihan-pelatihan dan menjalin kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK). Kemudian pihaknya akan mengkoneksikan dengan perbankan nasional.

Ia menambahkan, Kabupaten Konsel memiliki kopi Tolaki yang mulai berkembang. Kopi tersebut sudah diterima baik oleh masyarakat termasuk Indomaret dan Alfamidi.

“Kopi Tolaki sangat bagus baik segi kemasan dan kualitas. Bahkan sudah mengantongi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan lain sebagainya. Kedepan kita akan kembangkan lagi,” paparnya.

Sementara itu, Sekda Konsel, Sjarif Sajang mengatakan, Kadin sebagai mitra pemerintah dapat berperan melalui sinergi pemulihan ekonomi untuk menentukan sektor usaha mana perlu dimaksimalkan atas dasar prinsip inklusif dan kolaboratif.

“Optimalisasi peran Kadin selaku mitra strategis pemerintah sangat dibutuhkan dalam mensukseskan pembangunan ekonomi dimasa pandemi Covid-19. Sehingga berharap terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi di Konsel dan melalui Muskab terpilih pengurus baru yang amanah dan pro aktif mendukung seluruh program pembangunan,” tutupnya.

Reporter : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...