Diiringi Doa, Jenazah AS Tamrin Diantar ke Peristirahatan Abadi

538
Upacara pelepasan jenazah almarhum Wali Kota Baubau AS Tamrin sebelum di makamkan, Jumat 14 Januari 2022.

Baubau, Inilahsultra.com – Duka mendalam sangat dirasakan warga Kota Baubau atas wafatnya Wali Kota Dr H AS Tamrin MH pada kamis 13 Januari 2022 di Rumah Sakit Omni Pulomas Jakarta, pukul 16.30 WIB. Ucapan belasungkawa dan doa terus dilangitkan untuk orang nomor satu di Baubau ini.

Bahkan, saat jenazah almarhum tiba di Bandara Betoambari Kota Baubau, Jumat pagi sekira pukul 09.06 WITA, warga sangat antusias menyambut kedatangan jenazah almarhum wali kota dua periode tersebut.

- Advertisement -

Tidak sampai disitu saja, ribuan warga termasuk pelajar dan guru berbaris di sepanjang jalan untuk memberikan penghormatan terakhir sambil mengucapkan la ilaha illallah saat jenazah AS Tamrin dibawah ke rujab wali kota.

Namun sebelum jenazah AS Tamrin tiba di Baubau, beberapa sekolah menggelar yasinan dan doa bersama di lapangan utama sekolah masing-masing.

Sebelum jenazah AS Tamrin diantar ke peristirahatan abadi yang lokasi pemakamannya bertempat di Kelurahan Melai berdampingan dengan makam ibundanya, lebih dulu dilaksanakan upacara di Rujab Wali Kota Baubau. Dalam upacara tersebut, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menjadi inspektur upacara.

Gubernur Sultra Ali Mazi menyebut, almarhum AS Tamrin adalah sosok penting dalam pembangunan Baubau karena telah banyak berjasa bagi daerah selama mengemban amanah dalam bertugas, mulai dari PNS hingga menjadi wali kota.

“Banyak karya pembangunan yang ditinggalkan almarhum selama menjabat sebagai wali kota. Seluruh pembangunan itu ikut mengharumkan nama kota pada kanca nasional,” kata Ali Mazi.

Kakak almarhum AS Tamrin, Kamil Adi Karim yang mewakili keluarga besar berterima kasih kepada seluruh sanak-saudara, kerabat kolega almarhum yang sempatkan waktunya untuk hadir mengantarkan ke tempat peristirahatan terakhir.

“Atas antusias semuanya, kami ucapkan terimakasih. Semoga kebaikan bapak ibu dibalas Allah SWT,” ucap pria yang juga Wakil Ketua DPRD Baubau ini.

Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh mengatakan, almarhum Wali Kota Baubau AS Tamrin adalah sosok yang rendah hati.

“Beliau orangnya sangat rendah hati. Terlebih lagi di PAN, beliau dianggap sebagai orang tua yang kerap kali memberikan nasihat-nasihat terbaiknya untuk para kader,” ujar Ketua DPW PAN Sultra ini.

Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, almarhum Wali Kota Baubau AS Tamrin adalah sosok pemimpin yang sangat humanis. Selain itu adalah sosok yang ideal karena dia benar-benar meniti karirnya dari bawah sampai kepuncak.

“Jadi dia lengkap, sebagai seorang pemimpin dia benar-benar mempunyai pengalaman yang lengkap, utuh. Sangat pantas beliau kita jadikan panutan dalam hal kepemimpinan,” tuturnya.

Meskipun Wali Kota AS Tamrin telah berpulang, Orang nomor dua di Baubau ini yakin dan percaya banyak kesan yang akan menjadi ingatan masyarakat dan itu akan menjadi inspirasi buat generasi berikutnya.

“Dalam suasana duka ini, mari kita berikan penghormatan untuk beliau karena beliau sudah membaktikan, mendedikasikan darma baktinya untuk negeri ini. Mari kirimkan doa untuk beliau,” pintanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Roni Muhtar meminta kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Baubau untuk mendoakan almarhum Wali Kota AS Tamrin agar tenang dan mendapat tempat layak disisi Allah SWT.

“Saya minta kepada semuanya agar mendoakan beliau atas kepulangannya ke illahi robbi, semoga dilapangkan jalannya dan menjadi penghuni surganya Allah, Aamiin,” ucap Roni.

Kata dia, almarhum Wali Kota AS Tamrin sempat menitip pesan agar jajaran pemerintahan tetap berjalan optimal dan amanah melanjutkan pembangunan Kota Baubau sesuai dengan visi misi menjadikan Baubau maju sejahtera dan berbudaya.

Untuk di ketahui, pemakaman almarhum Wali Kota Baubau AS Tamrin berlokasi di Kelurahan Melai, disamping makam ibundanya. Proses pemakamannya di mulai sekira pukul 19.30 WITA, Jumat malam.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...