Wakil Wali Kota Sebut Pemkot Kendari Fokus Tangani Banjir dan Penataan Kota

Wakil walikota Kendari, Siska Karina Imran.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam meningkatkan kapasitas aparatur perencana lingkup Bappeda Kota Kendari, di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin 17 Januari 2022.

Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran mengatakan, kegiatan Bimtek tersebut untuk mensupport perencanaan kegiatan pembangunan di Kota Kendari.

-Advertisement-

Menurut dia, perencanaan pembangunan di Kota Kendari telah sesuai yang diharapkan meskipun belum sempurna.

“Namun di akhir masa jabatan kita, kita tetap berupaya untuk menyelesaikan semua yang tertuang di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) di kepemimpinan saya dan Pak Wali Kota Kendari,” tuturnya.

Di tahun ini, lanjut Siska, pihaknya bakal merampungkan hal-hal yang belum diselesaikan salah satunya dalam penanganan banjir dan penataan kota.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan, Bappeda adalah garda terdepan untuk merencanakan pembangunan.

“Perencanaan itu disusun dua tahun sebelum masa RKPD, sehingga Desember 2021 sudah mulai memetakan potensi kita, tetapi berhubung masa RPJMD berakhir tahun 2022 ini maka kita akan menunggu regulasi,” terangnya.

Menurut dia, telah dikeluarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 70 tahun 2021 tentang aturan yang mengatur kepala daerah yang berakhir masa jabatan di tahun 2022.

“Nah dokumennya disebut rencana pembangunan daerah, itulah yang akan menjadi rujukan pelaksana PJ Kepala Daerah 2023 sampai degan 2026,” jelasnya.

Berkaitan hal itu, kata dia, Bappeda sudah mulai menyusun dokumen dan di bulan Maret 2022 draf akan dirampungkan.

Dia menambahkan, diakhir masa bakti kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, akan fokus pembangunan peningkatan sumber daya manusia, penanganan infrastruktur perkotaan, penanganan banjir, air bersih, dan pertumbuhan ekonomi.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments