Konektivitaskan Desa Terpencil, Bupati Surunuddin Luncurkan Kapal Motor Penumpang “KM Konsel 01”

46

Andoolo, Inilahsultra.com – Moda transportasi menjadi bagian dari urat nadi kemajuan perekonomian suatu daerah, tak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan. Salah satunya ketersediaan alat transportasi laut.

Juga demi mendorong percepatan pembangunan di daerah tertinggal, perbatasan, transmigrasi dan yang menghubungkan kawasan terisolir.

- Advertisement -

Pentingnya moda laut tersebut dalam memajukan daerah, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM berkomitmen memenuhinya. Dengan membangun komunikasi ke pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PTT) untuk pengadaan Kapal Laut.

Gayung bersambut, upaya mantan Ketua DPRD Konsel ini direspon positif oleh Pemerintah Pusat dengan diberikannya bantuan hibah berupa Kapal Penumpang Tahun Anggaran 2021 melaui Dinas Perhubungan setempat.

Kapal Angkutan Penumpang di bawah 20 Gross Tonnage (GT) bersumber dari Dana Alokasi Khusus Fisik Afirmasi Kemendes senilai Rp2.4 miliar tersebut oleh Bupati Surunuddin beri nama Kapal Motor (KM) Konsel 01.

Setelah berlayar tujuan Konsel dari Galangan Kapal Perusahaan PT Avenir Surabaya selama -/+ 4 (empat) hari. Didampingi Wabup Rasyid, Ketua DPRD Irham Kalenggo dan Sekkab Ir H Sjarif Sajang. Hari ini (Senin,17/1) Ia meresmikan pengoperasiannya di Dermaga Rakyat Desa Batu Putih Kecamatan Kolono Timur (Koltim).

Peluncuran Kapal angkutan penumpang/barang ditandai dengan pengguntingan Pita oleh Ketua TP PKK Konsel Hj Nurlin Surunuddin SH bersama Wakil Ketua PKK Suharni Rasyid dan Ketua DWP Hj Ariyati Sjarif serta Kadishub Budi Yuliarto Silondae.

Turut menyaksikan para Pimpinan OPD Pemerintah Daerah, Kepala Desa se-Koltim, Tokoh Masyarakat dan warga setempat.

Bupati Surunuddin usai meresmikan Kapal menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat atas bantuan kapal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam melayani rute Laonti-Kolono Timur dan Moramo serta masyarakat kecamatan lainnya.

Berharap dengan adanya transportasi laut yang baru, bisa mengurangi kesenjangan wilayah di daerah terpencil dan pulau terluar serta melancarkan proses pertukaran barang dan jasa antar wilayah.

Selain itu, sambungnya, dengan adanya KM Konsel 01, bisa membantu memperlancar dan menunjang tugas atau urusan pemerintahan, baik Pemerintah Kabupaten, Kecamatan/Kelurahan maupun Pemerintah Desa, atapun menjamu tamu negara atau bagi masyarakat yang akan berpelesir ke spot wisata atau ke Kabupaten lainnya.

Sementara secara teknis untuk operasional dan maintenance, Kata Bupati, Kapal bakal diserahkan kepada Koperasi Jasa Angkutan Perhubungan Konsel yang bergerak dibidang transportasi laut untuk dikelola bekerjasama dengan BUMDES yang mendukung pengembangan angkutan penumpang serta komoditas lokal.

Kata ia, penyerahan tanggung jawab ke Badan Koperasi, sebab berperan penting dalam membantu pemulihan ekonomi terlebih ditengah pandemi Covid 19.”Jadi saya berharap bantuan Kapal ini bisa dimanfaatkan sebaik dan sesuai peruntukannya, sehingga Kinerja koperasi sebagai pendorong geliat ekonomi masyarakat Desa dapat berjalan maksimal,” tandasnya.

Adapun spesifikasi KM Konsel 01 yakni dengan ukuran 12.50 X 30.20 X 1.35 meter (PxLxD), tonase kotor 18 GT berbahan fiberglass, bermesin merk Yamaha dengan Daya performa 200 Horsepower (HP) Tahun Pembuatan 2021. Dapat menampung kurang lebih sebanyak 30 orang plus ABK.

Dikesempatan itu, Bupati, Wabup, Sekda, Ketua dan Wakil Ketua PKK, Ketua DWP beserta sejumlah Pimpinan OPD menjajal Kapal Konsel 01 dengan mengitari perairan Desa Batu Putih, selanjutnya ke Desa Wisata Namu dan menuju Desa Laonti Kecamatan Laonti untuk melaksanakan Rapat Kerja sekaligus Pengukuhan pengurus PKK Kecamatan.

Editor : Rido

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...