Baubau Siap Sukseskan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022

Rapat permohonan audiensi kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022, di ruang kerja Wali Kota Baubau, Senin 14 Februari 2022.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Kota Baubau menjadi salah satu daerah yang akan disinggahi KRI Dewaruci dalam program Muhibah Budaya Jalur Rempah pada Juni 2022 mendatang.

Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad monianse menuturkan, penunjukan Kota Baubau sebagai salah satu tempat persinggahan KRI Dewaruci benar-benar cukup obyektif.

-Advertisement-

“Karena Kota Baubau ini telah lama menjadi persinggahan aktivitas rempah-rempah dunia sejak dulu,” tutur Monianse kepada Ketua Pokja Diplomasi Dirjen Kebudayaan Yusmawati dan rombongan saat rapat permohonan audiensi kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022, di ruang kerja Wali Kota Baubau, Senin 14 Februari 2022.

Olehnya itu, kata dia, Pemkot Baubau akan berupaya mensukseskan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 tersebut, termasuk menampilkan beberapa kegiatan berupa kolaborasi pertunjukan. Mulai dari pagelaran dan atraksi seni budaya atau festival, kemudian temu tokoh budayawan, sejarawan atau pun arkeolog.

“Tapi kita akan rapatkan lagi secara internal untuk memperkaya rencana dan mematangkan persiapan, demi suksesnya Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 ini,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Monianse, kunjungan KRI Dewaruci dalam kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 ini akan dipublikasikan dalam rangkaian ulang tahun Kota Baubau, sehingga dapat mendukung nuansa kebaharian di Kota Baubau.

Sementara itu Ketua Pokja Diplomasi Dirjen Kebudayaan Yusmawati menambahkan, kapal perang TNI AL KRI Dewaruci dalam program Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 diperkirakan singgah di Baubau pada 10-12 Juni 2022.

“Tapi jadwal tersebut tergantung kondisi cuaca dan akan diinformasikan lagi jika terjadi perubahan jadwal,” tambah Yusmawati.

Untuk diketahui, rute pelayaran KRI Dewaruci dalam program Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 dimulai dari Surabaya, Makassar, Buton (Kota Baubau), Ternate dan Tidore, Banda Neira, Kupang dan kembali ke Surabaya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments