Blangko KTP-el di Baubau Sisa 31 Keping, Warga Diminta Bersabar

50
Kepala Dinas Dukcapil Kota Baubau Arif Basari. (Foto: Muhammad Yasir/Inilahsultra.com)
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Stok blangko KTP-el se Indonesia mengalami kelangkaan. Pencetakan blangko tersebut masih berproses di pemerintah pusat dan diprediksi akhir Maret 2022 ini sudah tersedia.

-Advertisements-

Kepala Dinas Dukcapil Baubau Arif Basari menuturkan, akibat kelangkaan stok blangko tersebut, pihaknya terpaksa harus meminjam ke daerah tetangga dan berhasil mendapatkan pinjaman dari Pemkab Buton Utara (Butur) sebanyak 500 keping blangko KTP-el.

“500 keping hasil pinjaman ini kita gunakan untuk perekaman KTP-el 13 SMA di wilayah Kota Baubau. Makanya per hari ini, stok blangko kita sisa 31 keping,” tuturnya kepada inilahsultra.com saat ditemui di kantornya, Jumat sore 4 Maret 2022.

Padahal, lanjut dia, animo masyarakat dalam mengurus KTP sangat tinggi. Setiap harinya, yang datang mengurus KTP ke kantor Dukcapil Baubau sekira 50 orang lebih.

Atas kondisi tersebut, pihaknya mengantisipasi pelayanan dengan mengkhususkan masyarakat yang mengurus KTP benar-benar untuk kebutuhan yang sangat mendesak, seperti melakukan perjalanan (berangkat), mencari pekerjaan atau pengurusan administrasi lainnya.

“Kami sangat berharap kepada masyarakat yang betul-betul belum mengganti KTP karena perubahan status atau rusak, kita mohon untuk bersabar karena informasi dari pusat, akhir Maret ini sudah ada (blangkonya),” katanya.

Jika blangko tersebut sudah tercetak oleh pemerintah pusat, tambah dia, maka pihaknya akan menjemput langsung blangko yang diusulkan sebanyak 4000 keping karena berdasarkan data, yang belum melakukan perekaman KTP di Kota Baubau sisa 463 orang.

“463 orang itu belum termasuk dengan jumlah masyarakat yang rusak KTP nya, hilang, atau pun perubahan status dan lain-lain. Selain kita suruh bersabar, solusi lainnya kita hanya berikan biodata di kertas karena kami anggap belum mendesak,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...