WR Kemahasiswaan UNMUS Sebut UHO Kendari Berkembang

59
Proses penandatanganan MoU oleh Rektor UHO dan WR bidang kemahasiswaan kerjasama dan alumni UNMUS Merauke. (Foto : Iqra yudha).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Musamus (UNMUS) Merauke, Senin 21 Maret 2022.

-Advertisements-

Rektor UHO Kendari Prof. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan bahwa MoU ini dilakukan agar bisa melakukan pertukaran pelajar.

“Jadi nanti mahasiswa UHO bisa ke merauke, dan yang dari Musamus juga bisa ke sini,” katanya.

Rektor UHO dua periode ini bilang, hal itu belum bisa dikerjakan secara formal jika MoU belum dijalankan.

“Jadi dengan adanya MoU ini semuanya bisa kita kerjakan,” tuturnya.

Kerja sama dalam MoU ini meliputi Tridharma, pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian, dan pengembangan sumber daya manusia.

“Jadi S1 yang dari sana bisa ke sini bahkan yang mau S2 atau S3 bisa juga kesini. Yang jelasnya bisa jadi kita akan lakukan penelitian bersama, publikasi bersama dan seminar bersama,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Zamrun, dengan adanya MoU ini semuanya bisa dikerjakan yakni tridharma, dan hal-hal lain yang bisa disepakati oleh kedua pihak.

Sementara itu, Wakil Rektor (WR) Bidang Kemahasiswaan Kerja sama dan Alumni (UNMUS) Merauke Yosehi Mekiuw menilai bahwa alasan memilih UHO Kendari untuk melakukan MoU karena sudah berkembang.

“Di UHO Kendari sudah berkembang dan bagus jadi apa salahnya Musamus mencoba komunikasi dengan UHO sehingga tridharma, pengembangan lembaga, pengembangan sumber daya manusia, kita mau minta dukungan untuk sama-sama mendorong maju Musamus seperti universitas yang ada di Indonesia tengah dan di Indonesia barat,” terang dia.

Dari 6 fakultas yang ada UNMUS Merauke juga memiliki fakultas yang sama di UHO Kendari.

“Oleh sebab itu kita sama-sama mendorong fakultas yang ada di musanus untuk berkolaborasi dengan Universitas Halu Oleo,” tuturnya.

Kemudian ia menyebutkan bahwa terdapat 3 point penting yang menjadi topik dari Mou ini yakni tridharma, Penelitian, pengajaran, dan Pengabdian.

“Kalau pengajaran itu berkaitan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kemudian pertukaran mahasiswa maupun pertukaran dosen,” imbuhnya.

Penelitian dan pengabdian, lanjut ia, pihaknya berharap adanya kolaborasi penelitian, pengabdian, kkn kebangsaan bersama antara UNMUS dan UHO.

Berkaitan dengan pengembangan jurnal, jadi dari kolaborasi penelitian sampai dengan kolaborasi jurnal maupun dengan pertukaran jurnal.

“Pengembangan SDM adalah berkaitan dengan studi lanjut, ada dosen kami yang mau studi disini, artinya kerjasama ini bisa diterima oleh UHO,” pungkas dia. (C)

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...