Fasilitas dan Akomodasi Memadai Jadikan Baubau Tuan Rumah Rakorda BPBD se Sultra

205
Koordinator Lapangan (Korlap) Rakorda BPBD Helen Dias Andini.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadikan Kota Baubau sebagai tuan rumah pelaksanaan rapat koordinasi daerah (Rakorda) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se Sultra.

-Advertisements-

Pelaksanaan Rakorda untuk pertama kalinya dilaksanakan diluar Ibu Kota Provinsi Sultra itu dipusatkan di Nirwana Buton Villa Kota Baubau, Senin 28 Maret 2022. Sehari sebelum Rakorda (27 Maret), lebih dulu dilaksanakan apel siaga di Lapangan Lembah Hijau Kota Baubau.

Koordinator Lapangan (Korlap) Rakorda Helen Dias Andini menuturkan, Rakorda BPBD ini sengaja diselenggarakan diluar ibu kota provinsi karena ingin mengangkat eksistensi kedaerahan kabupaten/kota yang ada di Sultra.

-Advertisements-

“Baubau lah tuan rumah pertama di luar ibu kota dengan beberapa alasan, diantaranya fasilitas dan akomodasi yang cukup tersedia. Selain itu, karena adanya bencana gelombang laut waktu itu,” tutur Helen saat berada di Kantor BPBD Baubau, Kamis 24 Maret 2022.

Kepala Seksi Rehabilitasi BPBD Sultra itu mengatakan, Rakorda ini akan dihadiri oleh beberapa pejabat dari pemerintah pusat mulai dari BNPB RI, Kemendagri hingga ITB, termasuk pejabat di Sultra dalam hal ini Gubernur Ali Mazi serta para kepala daerah se Sultra.

“Untuk Kepala BNPB RI Mayjen TNI Suharyanto, konfirmasi awalnya akan kesini jika tidak ada panggilan dari Presiden, dan tidak ada bencana masif (tiba-tiba). Kami masih tunggu konfirmasinya sampai tiga hari kedepan,” katanya.

Saat ini, kata Helen, pihaknya sementara merampungkan persiapan pelaksanaan Rakorda tersebut. Sejauh ini, persiapannya sudah mencapai 80 persen.

“Besok itu para peserta dari BPBD 17 kabupaten/kota sudah mulai berdatangan. Khusus kami (BPBD Sultra), hari ini sudah menuju kesini, sebagian sudah dalam perjalanan,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...