Sultra Didaulat Jadi Tuan Rumah Rakornas KPID

49
Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Sulawesi Tenggara (Sultra) didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2022 yang direncanakan berlangsung pada akhir Juni mendatang.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2022 yang direncanakan berlangsung pada akhir Juni mendatang.

-Advertisements-

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra sendiri telah mengalokasikan anggaran melalui APBD untuk menyukseskan kegiatan akbar KPI tersebut. Dalam rangka persiapan, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sultra menggelar rapat perdana untuk persiapan sebagai tuan rumah.

Rapat yang digelar di Kantor Diskominfo Sultra, Senin 4 April 2022, dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo Ridwan Badallah didampingi sejumlah pejabat eselon tiga, dan dihadiri Ketua KPID Sultra Ilyas beserta sejumlah komisioner KPID lainnya.

Rakornas KPI merupakan salah satu forum pengambilan keputusan strategis dalam terkait kebijakan di sektor penyiaran. Sejumlah rekomendasi penting dihasilkan pada setiap ajang rakornas yang dihadiri oleh jajaran KPI pusat, seluruh KPID se-Indonesia, kementerian/lembaga terkait, dan para kepala daerah tingkat provinsi.

“Diperkirakan jumlah peserta rakornas yang akan datang ke Sultra berkisar 600-an orang. Oleh karena itu, persiapan harus matang. Kita harus menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang baik, dengan menampilkan identitas Sultra, baik itu budaya, kuliner, maupun pariwisata,” kata Kadis Kominfo Ridwan Badallah.

Rakornas KPI digelar di tengah wacana revisi Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran, yang hingga saat ini tak kunjung dibahas di DPR. Selain itu, wacana digitalisasi media penyiaran diperkirakan menjadi isu lain yang akan dibahas dalam rakornas.

Dalam acara tahunan tersebut, seluruh KPID se-Indonesia akan memberikan pandangannya terkait dengan perkembangan penyiaran di daerahnya masing-masing. Pada Rakornas Tahun 2021 lalu, Rakornas KPI mengeluarkan rekomendasi untuk tiga bidang, yakni Bidang Kelembagaan, Bidang Pengawasan Isi Siaran, dan Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (PS2P).

Editor : Ridho

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...