Polres Konawe Amankan 7 Pelaku Pencurian Buah Sawit Milik PT. UAM

Ilustrasi pencuri sawit. (Int)
Bacakan

Unaaha, Inilahsultra.com – Kepolisian resor (Polres) Konawe amankan 7 orang pelaku pencurian buah sawit di lahan inti milik PT UAM Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe.

Ketujuh tersangka itu telah mencuri buah sawit dengan menggunakan 2 truk di lahan inti milik PT UAM untuk dijual ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

-Advertisement-

Kasat reskrim Polres Konawe AKP Jacub Nursagli Kamaru mengatakan, ketujuh tersangka dengan inisial MS, RS, AS, TS, AT, MM, dan IK.

“Ke tujuh tersangka ini merupakan warga Besulutu Kabupaten Konawe dan ditetapkan sebagai tersangka setelah terbukti melakukan tindak pidana pencurian,” ujar Jacub lewat telpon selulernya, Rabu 20 April 2022.

Ia juga menambahkan, tersangka secara bersama-sama dengan tersangka lainnya memanen atau memungut hasil perkebunan kelapa sawit secara tidak sah di area lahan perkebunan Inti perusahaan PT. Utama Agrindo Mas (PT. UAM).

“Setiba di pabrik, ternyata sudah ada laporan bahwa buah sawit tersebut diduga merupakan milik PT UAM,” tuturnya.

Jacub menjelaskan atas laporan tersebut pihak Polres Konawe amankan 2 buah truck bermuatan sawit guna penyelidikan lebih lanjut.

“Setelah kita lakukan penyidikan dan pembuktian secara hukum, ke tujuh pelaku memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai tersangka dan telah kita lakukan penahanan,” ungkapnya.

Akibat perbuatanya ketujuh tersangka akan dikenakan pasal 107 Jo 55 UU No 39 tahun 2014 tentang Perkebunan dan KUHP 363 ayat 1-4 sub pasal 362 KUHP Pidana. (C)

Reporter : Asep Wijaya
Editor : Ridho

Facebook Comments