HUT ke-58 Provinsi Sultra, Ali Mazi : Mari Rawat Rasa Bangga dan Cinta pada Daerah Ini

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menghadiri sekaligus memimpin jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sultra. Pelaksanaan upacara bertempat di pelataran Rumah Jabatan Gubernur, Rabu 27 April 2022. (Foto: Muh. Ewit Firmansyah/Diskominfo Sultra)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menghadiri sekaligus memimpin jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sultra. Pelaksanaan upacara bertempat di pelataran Rumah Jabatan Gubernur, Rabu 27 April 2022.

Upacara tersebut dihadiri sejumlah anggota DPR dan DPD RI asal Sultra, Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Ketua DPRD Abdurrahman Shaleh, unsur Forkopimda, dan Pj. Sekretaris Daerah Asrun Lio.

-Advertisement-

Perwakilan lembaga-lembaga vertikal baik sipil maupun TNI/Polri juga hadir bersama dengan pimpinan perguruan tinggi, serta para kepala OPD lingkup pemprov.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, acara peringatan seperti ini janganlah dijadikan sebagai kegiatan seremonial belaka. Sekedar mengingatkan pada nilai historis semata, atau hanya sekadar mengenang.

“Tetapi peringatan ini seyogyanya menggugah hati nurani dan memacu motivasi, penambah spirit dan energi kita untuk merawat eksistensi, kebanggaan, dan kecintaan pada daerah ini, yang telah diwariskan oleh pendahulu kita,” katanya.

Pada kesempatan itu, gubernur Sultra dua periode ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tokoh pejuang berdirinya Provinsi Sultra, para mantan gubernur/Pj gubernur, mantan wakil gubernur, serta para tokoh Sultra yang mendedikasikan dirinya untuk daerah ini.

Lebih lanjut Ali Mazi menyampaikan, hal yang penting saat ini dan ke depan adalah menanamkan ke dalam diri masing-masing bahwa meskipun kita berbeda suku, budaya, agama, dan status sosial, termasuk berbeda pandangan politik, tetapi untuk kemajuan Sultra, seluruh pihak harus bersatu dan memiliki rasa bangga menjadi anak Sultra, bangga sebagai masyarakat Sultra.

“Kebanggaan tersebut termanifestasi dalam sebuah komitmen melangkah bersama. Meningkatkan peran dan kontribusi positif, sesuai dengan kapasitas masing-masing untuk membangun daerah sekaligus membangun bangsa dan negara,” ujar gubernur

Saat ini, kata politisi Nasdem ini, Sultra terus bergerak maju dengan pencapaian pembangunan di berbagai bidang, walaupun dalam hadangan beragam persoalan, seperti adanya pandemi Covid-19.

Kemajuan tetap dapat dirasakan meskipun juga tidak boleh menutup mata bahwa masih ada kekurangan yang perlu segera dibenahi, melalui upaya dan kebijakan daerah yang lebih responsif dan adaptif, serta bekerja lebih giat dan lebih sinergis lagi.

Peringatan HUT ke-58 Provinsi Sultra yang mengusung tema “Dengan Semangat Garbarata Kita Wujudkan Sultra Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat”, mengandung nilai-nilai motivasi untuk terus menggelorakan semangat Gerakan Akselerasi Pembanguan Daratan dan Kepulauan (Garbarata).

Gubernur Sultra, Ali Mazi foto bersama dengan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas beserta para pimpinan OPD Pemprov Sultra dan tamu undangan lainnya.

Di penghujung sambutannya, gubernur mengingatkan agar segenap elemen di daerah ini terus memacu semangat kerja membangun sumber daya manusia Sultra yang paripurna beserta pengelolaan sumber daya alam yang bernilai tambah secara cerdas dan bertanggungjawab.

“Selain itu, kita juga terus memupuk semangat membangun infrastruktur, sarana dan prasarana penunjang sektor perekonomian dan sektor-sektor lainnya, demi terciptanya kondisi aman, serta terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan daerah Sultra secara berkelanjutan,” pungkasnya. (Adv)

Facebook Comments