Kapolresta Kendari Lakukan Evaluasi Pelaksanaan Prokes di Pelabuhan Nusantara Kendari

379
Kombespol Muhammad Eka Faturahman.

Kendari, Inilahsultra.com – Kepala kepolisian resort kota (Kapolresta) Kendari kunjungi pelabuhan Nusantara dalam rangka memberikan evaluasi karena terkait arus mudik karena diduga telah mengabaikan surat edaran satuan tugas (Satgas) Covid-19 dan surat edaran dari kementerian perhubungan (Kemenhub), Jumat 29 April 2022.

Pasalnya di pelabuhan tersebut tidak menyediakan pengecekan vaksinasi bagi penumpang yang akan melakukan penyeberangan.

- Advertisement -

Kombespol Muhammad Eka Faturahman mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan oleh Kapolresta Kota Kendari bahwa ada beberapa hal yang akan di evaluasi di pelabuhan Nusantara Kendari.

“Yang pertama jalur pintu masuk penumpang untuk yang akan memasuki kapal ini masih ada kebocoran, fungsinya untuk mengecek satu pintu lebih kepada masyarakat agar tertib,” katanya.

Bahkan, pada saat melakukan pengecekan oleh tim Polresta Kendari bahwa masih ada kebocoran terhadap protokol kesehatan Covid-19, yakni tidak melakukan pengecekan vaksinasi bagi penumpang.

“Itu juga yang akan menjadi evaluasi, karena vaksinasi memang syarat masyarakat yang akan berpergian keluar daerah dan sudah diatur oleh lewat protokol,” ujarnya.

“Untuk itu kami yang mengontrol dan mengawasinya kami akan buat satu pintu, ini yang belum terawasi. Rencana kami akan lakukan nanti unuk memberikan pengawasan kepada masyarakat, jika belum Booster maka harus memperlihatkan surat antigen. Ini belum terlaksana kegiatan dan kita akan perbaiki,” tuturnya.

Diketahui berdasarkan surat edaran (SE) satuan tugas (Satgas) Covid-19 nomor 16 tahun 2022 dan SE kementrian perhubungan (Kemenhub) nomor 37 tahun 2022 terkait ketentuan syarat perjalanan.

Bagi Calon Penumpang yang sudah Vaksin Tahap 3 (Booster), tidak wajib menunjukkan PCR dan Antigen. Calon Penumpang juga yang sudah Vaksin Tahap 2, wajib menunjukkan hasil Negatif Antigen 1×24 Jam, atau Negatif PCR 3×24 Jam sebelum keberangkatan Kapal.

Kemudian, bagi Calon Penumpang yang sudah Vaksin Tahap 1, wajib menunjukkan hasil Negatif PCR 3×24 Jam sebelum Keberangkatan Kapal. Tak hanya itu Bagi Calon Penumpang yang sakit Komorbid, dan sebagainya wajib menunjukkan Surat Keterangan Sakit dari Instansi Pemerintah dan wajib menunjukkan hasil Negatif PCR 3×24 Jam.

Sementara itu bagi anak-anak dengan Usia dibawah 6 (enam) tahun, wajib didampingi dan tidak wajib menunjukkan hasil Negatif Antigen 1×24 Jam atau Negatif PCR 3×24 Jam. (C)

Reporter: Iqra Yudha

Editor : Ridho

 

 

 

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...