Perpustakaan Modern Standar Nasional akan Dibangun di Baubau

95
Kepala Dinas Perpustakaan Kota Baubau, Asmahani. (Foto: Muhammad Yasir/Inilahsultra.com)
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Perpustakaan modern dengan standar nasional akan dibangun di Kota Baubau. Pembangunan perpustakaan tersebut direncanakan di bangun pada tahun 2023 mendatang.

-Advertisements-

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Baubau Asmahani menuturkan, pembangunan perpustakaan modern tersebut sudah direncanakan sejak beberapa tahun silam. Namun ada beberapa kendala, sehingga pembangunannya tertunda.

“Sekarang semua persyaratan itu sudah terpenuhi. Kala itu, kendalanya mulai dari luas lahan dan status sah kepemilikan lahan makanya pemerintah pusat belum menyetujui. Sekarang kendala itu sudah teratasi,” tuturnya, Selasa 17 Mei 2022.

Kata dia, untuk anggaran pembangunan perpustakaan ini bersumber dari APBN pemerintah pusat. Dalam waktu dekat, tim dari perpustakaan nasional akan turun meninjau lokasi.

“Jadi lokasinya itu di eks Kantor DPRD Buton di jalan Dayanu Ikhsanuddin Kota Baubau. tim dari perpustakaan nasional akan turun meninjau lokasi ini,” ujarnya.

Mantan Kabag Kesra Setda Kota Baubau ini menambahkan, desain gedung perpustakaan modern tersebut sarat akan filosofis kedaerahan eks Kesultanan Buton yakni berbentuk kampurui (ikat kepala).

Asmahani melanjutkan, desain gedung perpustakaan modern dengan tanpa menghilangkan nuansa kedaerahan tersebut merupakan arahan dari Gubernur Sultra Ali Mazi.

“Kita kan sudah punya benteng, patung naga dan juga nenas. Kemudian di desain lah gedung berbentuk kampurui dan ternyata Gubernur Ali Mazi menyetujui desain tersebut,” pungkasnya.

Asmahani mengatakan, desain gedung berbentuk kampurui tersebut karena diibaratkan sebagai mahkota diatas kepala.

“Di dalam kepala kita ini kan tertimbun ilmu-ilmu dan itu sinergis dengan perpustakaan tempatnya buku-buku,” tandasnya.

Untuk diketahui, perpustakaan modern ini dilengkapi dengan teknologi kekinian. Mulai dari ruang multimedia, perpusatakaan elektronik, ruang-ruang diskusi dan fasilitas modern lainnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...