Pemkot Kendari dan Pemrov Sultra Canangkan BIAN Tingkat Nasional di SD 6 Kendari

Kepala Dinas Kesehatan Sultra Agustin Kusumawati. (Foto: Iqra Yudha/Inilashultra.com)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melaksanakan pencanangan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) tingkat Nasional di sekolah dasar negeri (SDN) 06 Kendari.

Kepala Dinas Kesehatan Sultra Agustin Kusumawati menyebutkan bahwa jumlah sasaran BIAN di Sultra untuk campak imunisasi Rubela yakni 663.958 anak.

-Advertisement-

“Jumlah sasaran kejar IPV 147.045 anak, kemudian jumlah sasaran kejar OPV 68.751 anak dan jumlah sasaran kejar DPT-HB-HIB sebanyak 43.475 anak,” terangnya.

Untuk memenuhi target di Sultra, Dinkes Sultra mengaku telah melakukan koordinasi dan melakukan instruksikepada seluruh dinas kesehatan kota untuk kesiapan vaksin dan kesiapan tenaga vaksinasi.

“Tetap berkolaborasi dengan kegiatan lainnya termasuk vaksin Covid-19, karena kita mempunyai target, dan semua stakeholder lintas sektor di kabupaten kota untuk mendukung kegiatan BIAN ini jadi kita siapkan semua yang dibutuhkan oleh kabupaten kota,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada orang tua agar ikut melaksanakan imunisasi karena ini merupakan pengendalian dari penyakit dan mencegah terjadinya penyakit Hepatitis akud.

“Untuk mendapatkan imunisasi di mulai dari anak kelas satu hingga kelas 6 SD yang sudah terverifikasi, dan Umur yang tidak lengkap imunisasi dasarnya itu dari umur 9 bulan hingga 59 bulan,” jelasnya.

Sementara itu, ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Subhan mengatakan bahwa dilaksanakan imunisasi ini untuk pengebalan tubuh terhadap beberapa penyakit.

“Ini merupakan bagian yang harus dilaksanakan dab mendapatkan dukungan dari semua pihak, termasuk langkah pencegahan merupakan langkah preventif yang harus dilakukan agar tidak dalam kondisi sakit baru kita melakukan penanganan,” tutur dia.

Subhan mengaku, imunisasi ini merupakan suatu hal yang sudah teruji kehalalannya, sehingga tidak ada yang pelru ditakutkan untuk mengikuti pelaksanaan imunisasi bagi anak.

“Dan kami dari DPRD sangat mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan bisa dilaksanakan tidak hanya di SD 6 ini tapi dilaksanakan di sekolah lain, ” pungkasnya. (C)

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments