Muhibah Budaya Jalur Rempah, Baubau Fasilitasi Penanaman Pohon Komoditi Masa Lalu

53
Pemkot Baubau saat menggelar rapat pemantapan panitia Muhibah Budaya Jalur Rempah di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Kamis 19 Mei 2022.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau saat ini tengah mengeluarkan tenaga ekstra untuk mensukseskan pagelaran berskala regional dan nasional pada bulan Mei dan Juni 2022.

-Advertisements-

Pada bulan Mei ini Kota Baubau menjadi tuan rumah peringatan HUT Sultra ke 58 yang dirangkaikan dengan Tapak Tilas Oputa Yikoo. Kemudian, Kota Baubau disinggahi Kapal Perang TNI AL KRI Dewaruci dalam kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah pada awal Juni mendatang.

Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, pihaknya telah melakukan rapat pemantapan tugas-tugas kepanitiaan dalam rangka kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah karena dihadiri oleh pihak Dirjen Kebudayaan.

-Advertisements-

“Dalam rapat tadi disepakati banyak hal. Termasuk panitia lokal (Pemkot Baubau) menyiapkan apa dan panitia nasional menyiapkan apa, untuk kesuksesan penyelenggaraannya nanti,” tuturnya, Kamis 19 Mei 2022.

Kata dia, KRI Dewaruci dalam program Muhibah Budaya Jalur Rempah tersebut akan berada di Kota Baubau sejak 8-10 Juni 2022 alias kurang lebih dua malam tiga hari.

Dalam kurun waktu tersebut, lanjut Monianse, panitia lokal akan menyiapkan penyambutan dan transportasi termasuk akomodasi mereka (laskar) selama berada di Kota Baubau.

“Kami juga fasilitasi penanaman pohon-pohon yang berkategori rempah komoditi masa lalu seperti cengkeh, pala, merica yang akan ditanam oleh para laskar yang menjadi penumpang KRI Dewaruci. Kami akan siapkan lokasinya,” katanya.

Monianse berharap, 25 tahun kedepan jika jalur rempah ini kembali diputar, maka bisa dikunjungi tempat-tempat yang menjadi lokasi penanaman pohon-pohon yang berkategori rempah komoditi masa lalu tersebut.

“Ada beberapa tempat yang kita siapkan termasuk beberapa alternatif untuk penanaman ini. Salah satunya itu di taman kota,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...