Wali Kota Kendari Resmikan 2 Sekolah Baru

59
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir resmikan dua sekolah dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meresmikan 2 sekolah baru yakni sekolah taman Kanak-kanak (TK) Negeri 10 Kendari dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kendari, Senin 6 Juni 2022.

-Advertisements-

SMP N 24 Kendari terletak di jalan Sultan Alaudin, Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat, Sedangkan TK Negeri 10 ini berada di Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari, Kota Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan hadirnya kedua sekolah baru ini untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota layak huni, berbasis ekologi, teknologi dan informasi.

-Advertisements-

“Kedua sekolah ini hadir untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan pendidikan dengan sistem zonasi yang diterapkan” katanya.

Orang nomor satu di kota lulo bilang, wilayah Tipulu masyarakat kesulitan mengakses SMP Negeri 1 Kendari dan SMP Negeri 2 Kendari yang berada lebih dekat dibanding sekolah lainnya.

“Alhamdulillah bertambah lagi fasilitas pendidikan di kota Kendari untuk SMP dan TK ini, karena ini zona yang cukup padat penduduknya,” ujarnya.

Meskipun kondisi dua sekolah tersebut belum ideal, Pemerintah kota akan melengkapi fasilitas sarana prasarana di sekolah itu secara bertahap.

“Tentu kita berharap ini menjadi solusi bagi anak-anak kita sebelum masuk SD untuk bisa bersekolah, tadi sudah ada 43 orang yang mendaftar itu artinya antusiasme masyarakat menyambut fasilitas sekolah ini betul-betul diharapkan,” tuturnya.

Selain sarana prasarana, juga akan dilengkapi dengan guru-guru yang akan mengajar di SMP 24 dan TK 10 Kendari tersebut.

“Pasti guru-guru akan bertambah karena kita buka 3 rombel jika paralel kelas 1 sampai kelas 3 Berarti ada 9 kelas, apalagi untuk di SMP sudah ada guru-guru bidang pelajarannya. TK juga seperti itu idealnya 5 atau 7 Anak itu satu guru, jika siswanya ada 43 paling tidak ada 7 sampai 8 guru yang disediakan” terangnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Makmur, mengatakan di Kota Kendari sudah ada 9 zonasi wilayah pendidikan.

“Hadirnya SMP 24 dan TK 10 ini sebagai upaya Pemerintah Kota Kendari melengkapi sarana prasaran sekolah di Kota Kendari terkhusus pada jenjang pendidikan dasar,” jelasnya.

Bahkan, terkait kelengkapan sarana dan prasarana Dikmudora Kota Kendari akan menganggarkannya di tahun ini sehingga dapat dimanfaatkan pada tahun 2002-2023.

“Karena sekolah ini baru, tentunya sarana prasarana kita akan lengkapi secara bertahap sesuai dengan kemampuan kita, maka dari itu kami hanya menerima 3 rombel di SMP 24 dengan jumlah siswa yang diterima 96 orang,” imbuhnya.

Selain itu, di kecamatan Wua-Wua akan ditambahkan sekolah baru, tentu harus memerhatikan kondisi untuk mendekatkan akses layanan pendidikan kepada masyarakat.

“Dari pantauan kami jika sistem zonasi terus diterapkan ke depan Kecamatan Wua-Wua perlu ada sekolah, yang bisa menutupi jarak antara SMP 17 SMP 4 SMP 9, ada zona yang tidak bisa dijangkau atau kosong di situ,” ucapnya.

“Diharapkan dengan hadirnya sekolah ini bisa memudahkan masyarakat mengakses pendidikan tingkat SMP khususnya di Kelurahan Watu-Watu, Tipulu, Kendari Barat dan Kendari,” pungkasnya. (B

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...