Sandiaga Uno: Tetap Jaga Kelestarian Benteng Terluas di Dunia Ini

170
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Limbo Wolio di kawasan Benteng Wolio Kota Baubau, Rabu 8 Juni 2022.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno resmi mengunjungi Desa Wisata Limbo Wolio Kota Baubau yang lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Rabu 8 Juni 2022.

-Advertisements-

Kedatangan Menparekraf didampingi oleh beberapa tim juri dari ADWI 2022 yang turun langsung melakukan penilaian terhadap Desa Wisata Limbo Wolio yang terletak di kawasan Benteng Keraton Wolio.

Dalam kunjungannya ini, Sandiaga Uno menjajal benteng terluas di dunia (Benteng Wolio) menggunakan sepeda didampingi Wali Kota Baubau beserta beberapa pejabat Lingkup Pemkot Baubau.

Namun sebelum bersepeda, Sandiaga Uno lebih dulu melakukan ziarah ke Makam Sultan Murhum dengan prosesi santiago, mendatangi Batu Popaua dan beberapa rangkaian kegiatan lainnya sampai dengan penandatanganan prasasti.

Menparekraf Sandiaga Uno menuturkan, pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan perlu dihadirkan di Desa Wisata Limbo Wolio ini. Selain itu, harus ada langkah konservasi terhadap batu-batu benteng di Desa Wisata Limbo Wolio karena secara perlahan pasti akan tergerus (aus).

“Yang perlu dijaga itu adalah aspek keberlanjutannya, bagaimana Desa Wisata Limbo Wolio ini diwarisan untuk anak cucu kita ratusan tahun kedepan. Mari berikan kontribusi terbaik kita untuk menjaga kelestarian budaya,” tuturnya.

Sementara itu salah satu juri ADWI 2022 Sugeng mengaku, pihaknya belum bisa berkomentar banyak karena masih mau mengecek secara langsung kebenaran dokumen-dokumen dari Desa Wisata Limbo Wolio.

“Untuk hasilnya nanti, kalau berdasarkan dokumen kita sudah cek. Besok kami akan mengecek secara langsung ke lapangan, apakah sesuai dengan dokumen-dokumen yang sebelumnya sudah di upload. Contohnya benteng ini, ternyata memang luas,” katanya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...