UHO Kendari Hadirkan Pojok Statistik

Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pertama kali di Sulawesi Tenggara (Sultra), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari hadirkan Pojok Statistik.

Hal itu ditandai dengan peresmian gedung Pojok Statistik secara simbolis oleh Wakil Rektor (WR) II Bidang Umum dan Keuangan UHO, Weka Widayati, Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS RI, Setianto, dan Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti, pada Selasa 21 Juni 2022.

Wakil Rektor (WR) II Bidang Umum dan Keuangan UHO, Weka Widayati mengatakan hadirnya Pojok Statistik merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara UHO dan BPS Sultra untuk bekerja sama di dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

“Dan juga melalui Pojok Statistik ini, pendekatan pelayanan dan juga belajar bersama sebetulnya yang ada kaitannya dengan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) bukan hanya mahasiswa statistik, tapi juga seluruh mahasiswa yang terkait dengan sinergi dengan bidang kebutuhan data statistik,” katanya

Weka Widayati menjelaskan, dengan di tunjuknya UHO sebagai tempat Pojok Statistik ini mempunyai kontribusi positif untuk pendidikan, penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat. Dan hadirnya Pojok Statistik ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan penelitian dosen.

“Sehingga ini kita dekatkan dan kita kerja bersama untuk sinergi dan termasuk untuk kontribusi di dalam penentuan kebijakan pembangunan daerah kan di butuhkan keterlibatan baik dosen, mahasiswa, juga penyusunan dokumen itu membutuhkan data-data,” ujarnya

Di tempat yang sama, Kepala BPS Sultra Agnes Widiastuti berharap agar setelah UHO kedepan Pojok Statistik dapat di hadirkan di kampus lain di Sultra melalui MoU.

“Karena dengan adanya Pojok Statistik ini dapat mendekatkan BPS kepada pengguna layanan yaitu mahasiswa. Sebanyak 53 persen pengguna data adalah mahasiswa dan peneliti,” sebutnya.

Dirinya berharap, data BPS yang telah di produksi dapat dimanfaatkan, dianalisis agar peneliti bisa melakukan kajian dan tentunya berguna bagi pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan.

“Berdasarkan data yang mungkin di analisis oleh para peneliti dan mahasiswa,” cetusnya.

Sementara itu, Kaprodi Statistik F-MIPA UHO, Ruslan menyampaikan dengan hadirnya Pojok Statistik di UHO, mahasiswa dapat berkonsultasi tentang data dan analisis data yang merupakan produk dari BPS.

“Sehingga mampu mempercepat misalkan tentang skripsi, tesis, atau disertasinya dan juga meningkatkan kualitas dari penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat,” tandas Ruslan. (B)

Reporter : Asep Wijaya
Editor : Ridho

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...