Asrun Lio Resmi Buka Kegiatan Pramuka Madrasah Tingkat Se-Sultra

91
Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Asrun Lio saat memimpin upacara pembukaan pramuka Madrasah tingkat se-Sultra. (Foto: Asep Wijaya/Inilahsultra.com)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 17 Kabupaten/kota mengikuti perkemahan Madrasah tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

-Advertisements-

Kegiatan ini dilaksanakan di Cialam Jaya Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mulai tanggal 2 sampai 5 Juli 2022, dan resmi dibuka langsung oleh Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Asrun Lio di halaman Kantor Kanwil Kemenag Sultra.

H. Asrun Lio menuturkan, pembukaan perkemahan Madrasah tingkat provinsi se-Sultra yang sebenarnya dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun sebelumnya kegiatan tahunan ini ditunda diakibat pandemi Covid-19, jadi Kemenag Sultra dalam rangka pembinaan kesiswaan ini diahlikan dikegiatan yang lain.

“Bahwa kegiatan kesiswaan dalam melalui pramuka itu adalah kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan. Perkemahan pramuka ini diikuti 17 kabupaten/kota yang masing-masing kabupaten mewakili madrasahnya,” ujar Pejabat Sekda Sultra H. Asrun Lio saat ditemui di Kantor Kemenag Sultra, Sabtu 2 Juli 2022.

Di tempat yang sama kepala Kantor (Kanwil) Kementerian Agama (Kemanag) Sulawesi Tenggara (Sultra) Zainal Mustamin mengatakan, setelah pandemi Covid-19 akhirnya kembali dilaksanakan pramuka Madrasah tingkat se-Sultra.

“Pelaksanaan kegiatan bagian dari proses edukasi siswa madrasah, karena pramuka ini bukan hal yang baru tetapi diinginkan untuk semakin memperkuat semangat nasionalisme, kebangasaan siswa-siswi madrasah dan tidak hanya belajar agama melainkan punya pemahaman tentang negeri melalui pembinaan pramuka ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra H. Muh Saleh menjelaskan, pelaksanaan pramuka madrasah tahun 2022 tingkat provinsi Sulawesi Tenggara melakukan kerja sama dengan WARDA (pramuka provinsi Sulawesi Tenggara) untuk melaksanakan hal-hal yang mengenai pembinaan pramuka dilapangan.

“Pada prinsipnya kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan dan akan selesai tanggal 5 Juli 2022 pada perkemahan yang dibuka hari ini,” tuturnya.

Kata dia, sebanyak 17 kabupaten/kota sudah siap di arena perkemahan masing-masing dibawah binaan para pendamping peserta.

“Jumlah peserta yang mengikuti perkemahan pramuka tingkat Madrasah se-Sultra sebanyak 357 peserta dan sudah dengan pedekar masing-masing pendamping Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

Ia menambahkan selain itu juga, pelaksanaan pramuka tingkat Madrasah Alyah se-Sultra tahun 2023 akan digelar di Kabupaten Kolaka.

“Mudah-mudahan kedepan bisa dikembangkan lagi mungkin akan ditambah peserta dari jenjang Madrasah Sanawiah se-provinsi Sulawesi Tenggara,” harapnya. (B)

Reporter : Asep Wijaya
Editor : Ridho

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...