Pemprov Sultra Siapkan Pelaksanaan Sholat Id Jelang Hari Raya Idul Adha

Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Asrun Lio. (Foto: Asep Wijaya/Inilahsultra.com)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Jelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mempersiapkan untuk pelaksanaan shalat Id di masjid maupun di lapangan terbuka.

Hal itu disampaikan oleh Pejabat Sekretari Daerah (Sekda) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Asrun Lio saat ditemui selesai acara pembukaan pramuka Madrasah tingkat se-Sultra dihalaman Kantor Kanwil Kemenag Sultra, Minggu 3 Juli 2022.

“Pemprov Sultra sudah dikordinasikan bersama Kemenag Sultra, dan sudah siap melaksanakan Hari Raya Idul Adha melalui keputusan dari Kementerian Agama,” ucapnya.

Kata dia, saat ini yang utamanya pendataan terkait dengan hewan kurban itu sudah didata disemua mesjid dan laporan resminya akan disampaikan oleh Kemenag.

“Ini tetap dilaksanakan sholat sesuai dengan arahan dari Kementerian Agama untuk mengizinkan melakukan sholat Id di mesjid atau pun dilapangan terbuka,” imbuhnya.

Sementara itu, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Zainal Mustamin mengatakan, kami akan berkoordinasi dengan Pemprov Sultra untuk penyelenggaraan shalat Idul Adha. Tahun ini lebih longar dari masa pandemi, tetapi tetap mengingatkan supaya menjalankan shalat dalam keadan sehat dan yang tidak sehat tentu dirumah saja.

“Supaya ini bisa terjaga meskipun sudah jauh dari wabah pandemi untuk tetap melaksanakan sholat di Masjid,” bilangnya.

Untuk itu, nantinya sholat Id boleh dimesjid dan dilapangan. Secara teknis Kabupaten/kota yang mengatur titik lokasi penyelenggaraannya.

“Masing-masing Kabupaten/kota untuk provinsi itu, seperti Masjid Agung Al-kautsar dan Masjid Al-Alam itu dibawah Pemerintah provinsi,” tandasnya. (B)

Reporter : Asep Wijaya
Editor : Ridho

Facebook Comments