Pemkab Buteng Belum Temukan Hewan Ternak Terjangkit PMK

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buteng H Pemran.
Bacakan

Labungkari, Inilahsultra.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pertanian terus melakukan pengawasan kesehatan terhadap ribuan hewan ternak sapi dan kambing di daerah itu.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buteng H Pemran menuturkan, saat ini Indonesia sedang dilanda wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak berkuku dua.

-Advertisement-

“Alhamdulillah untuk di Buteng belum ada yang kita temukan hewan ternak sapi dan kambing yang terjangkit PMK,” tutur Pemran di kantornya, Senin 4 Juli 2022.

Kendati belum ada yang terjangkit PMK, Dinas Pertanian terus melakukan berbagai upaya agar wabah tersebut tidak menyentuh atau pun masuk ke wilayah Buteng.

“Kita lakukan pencegahan dengan melakukan pengawasan di pintu masuk Buteng, mulai dari arah Baubau atau pun Muna. Jadi sapi atau kambing jangan dulu masuk Buteng, kita fokus dulu sama ternak lokal,” ujarnya.

Pelopor ternak ayam petelur di jazirah Kepulauan Buton ini menambahkan, pihaknya juga mengimbau para peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan sanitasi sebagai langkah pencegahan awal.

“PMK ini penularannya ke sesama hewan ternak yang berujung kematian pada ternak tersebut. Ciri-ciri ternak terinfeksi PMK antara lain, luka melepuh pada bibir dan kuku, produksi liur tinggi, suhu badan panas tinggi dan berat badan turun drastis,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments