Ali Mazi Hadiri Rakorda dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Pemilu 2024

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang dirangkaikan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Pemilu dan Pemilihan 2024 dilingkungan KPU Provinsi Sultra, bertempat di Hotel Claro Kendari, Selasa 5 Juli 2022.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang dirangkaikan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Pemilu dan Pemilihan 2024 dilingkungan KPU Provinsi Sultra, bertempat di Hotel Claro Kendari, Selasa 5 Juli 2022.

-Advertisements-

Rakorda ini juga dihadiri oleh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Koordinator Wilayah Sultra Parsadaan Harahap. Hadir juga diantaranya, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra, Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir beserta komisioner lainnya dan Sekretaris KPU Sultra. Selain itu, para pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup pemerintah provinsi dan para pimpinan instansi vertikal lingkup wilayah Sultra tampak hadir.

Pada sambutan gubernur dikatakan, berdasarkan data yang ada, pelaksanaan pemilu tahun 2019 telah menunjukan perbaikan kualitas penyelenggaraan yang semakin baik, ini terlihat dari angka partisipasi pemilu yang semakin meningkat.

Ali Mazi foto bersama dengan anggota KPU RI.

“Bila pada pemilu 2014 warga Sultra yang menyalurkan hak suaranya sebesar 62%, pada pemilu 2019 naik menjadi 79,33% atau di atas target nasional sebesar 77,50%,” terang Ali Mazi.

Selai itu gubernur menyebutkan bahwa, penyelenggaraan Rakorda dan pencanangan pembangunan zona integritas dilingkungan KPU Provinsi Sultra memiliki lima makna strategis yaitu:

Pertama, rapat koordinasi ini merupakan momentum bagi KPU Kab/Kota di Sultra untuk semakin mengukuhkan semangat kolektif kolegial seluruh jajaran penyelenggara pemilu.

Kedua, rapat koordinasi ini mengandung pesan yang kuat dari KPU di Sultra bahwa jajaran KPU Sultra siap melaksanakan tugas menyelenggarakan pemilu dan pemilihan tahun 2024.

Ketiga, pelaksanaan rapat koordinasi yang dihadiri jajaran KPU Kab/Kota se-Sultra, yang turut menghadirkan pemangku kepentingan strategis mencerminkan bahwa sinergitas setiap unsur di Sultra semakin baik.

Keempat, pelaksanaan rapat koordinasi daerah ini menunjukkan komitmen KPUD Sultra sebagai institusi yang wajib menjamin akuntabilitas pelayanan publik sesuai standar yang berlaku di instansi pemerintah.

Selanjutnya di poin ke lima, gubernur mengatakan bahwa, melalui rapat koordinasi daerah diharapkan dapat melahirkan road map yang menjadi acuan dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan tahun 2024 di Provinsi Sultra.

Selain itu, sambutan yang disampaikan oleh anggota KPU RI Koordinator Wilayah Sultra Parsadaan Harahap, menuturkan rapat koordinasi ini merupakan lanjutan dari rakor tingkat nasional.

“Dalam pemilihan, hari perhari koordinasi kita semakin diintensifkan, karena secara kelembagaan KPU secara professional bersifat iratis, bersifat vertikal, maka koordinasi-koordinasi menjadi kata kunci,” tuturnya.

“Secara horizontal kami juga berharap, apa yang sudah dilakukan pada dari pemilu 2019 dan 2020 dibeberapa Kabupaten, ini dirawat , dikembangkan dan tolong dikoordinasikan dengan pemerintah daerah yang ada,” sambung dia.

Dalam rangka untuk membantu melancarkan, mendukung, mensuport secara kelembagaan, sehingga tujuan yang diharapkan dalam pelaksanaan pemilu serentak di tahun 2024 bisa dicapai pesta demokrasi dengan baik.

Pendaftaran partai politik dimulai pada tanggal 1 Agustus 2022, regulasi terkait pendaftaran partai politik harus diselesaikan bersama komponen undang-undang DPR dan pemerintah setidaknya final pada bulan Juli 2022. (Adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...