Pemkot Kendari Bersama Bank Sultra dan Baznas Jalin Kerja Sama Penyediaan Modal UMKM

65
Pemerintah Kota Kendari bersama Bank Sultra dan Baznas melakukan kerja sama tentang pelaksanaan program Iyamo Parsayai Rentenir (AMAN) melalui penyediaan fasilitas modal kerja bagi UMKM Kota Kendari, Jum'at 12 Agustus 2022.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) melakukan kerja sama tentang pelaksanaan program iyamo parsayai rentenir (AMAN) melalui penyediaan fasilitas modal kerja bagi usaha mikro di kota Kendari, Jumat 12 Agustus 2022.

-Advertisements-

Wali kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, kerja sama yang dilakukan ini agar para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Kendari dapat merasa kedekatan dengan lembaga perbankan.

“Kan selama ini mereka merasa jauh dengan lembaga keuangan apalagi perbankan,” ungkapnya.

Untuk itu, dengan adanya kerja sama ini, orang nomor satu di Kota Lulo ini berharap agar para UMKM yang ada di Kota Kendari dapat merasa dekat dengan lembaga keuangan dan perbankan sehingga tidak terjebak dengan praktek rentenir.

“Karena kita tau rentenir kadang-kadang menyebutnya satu persen bunganya tapi perhari, jadi kita tidak mau mereka terjebak supaya usaha mereka berkembang,” jelasnya.

Karena, kata Sul, para UMKM ini sudah berusaha dengan baik, tapi keuntungannya mereka tersedot membayar beban kredit yang ada di rentenir.

“Kita bekerjasama dengan Bank Sultra dan di backup sama Baznas Kota Kendari supaya nanti usaha mereka terdampingi dan bisa naik kelas nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengungkapkan, kerja sama yang dilakukan antara Pemkot Kendari, Bank Sultra dan Baznas untuk membantu para pelaku UMKM yang selama ini belum bisa mengakses perbankan.

“Dengan adanya MoU ini dapat membantu para pelaku UMKM kita sehingga bisa mengakses perbankan, karena masih terjerat dengan oleh rentenir,” ungkapnya.

Menurutnya, sudah 5 hingga 10 tahun para pelaku-pelaku usaha UMKM belum bisa mengelola keuangan dengan baik, untuk itu Bank Sultra bakal membantu mereka memberikan kredit dengan bunga yang murah daripada rentenir.

“Diharapkan uang nanti yang mereka terima, benar-benar digunakan untuk berusaha sehingga pelaku usaha mereka ini dapat tumbuh,” harapnya.

Lanjut, untuk mengakses bantuan dari Bank Sultra sangat mudah, pasalnya persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut hampir semua Bank sama.

“Yang pokok itu sebetulnya adalah masyarakat punya usaha, yang lain-lain sama, adminstrasi apapun itu sama, dan tidak terbatas pelapornya karena tergantung kebutuhannya. Nanti kita analisa dengan baik sebelum mendapatkan bantuan dari Bank Sultra,” pungkasnya. (B)

Reporter: Iqra Yudha
Editor : Ridho

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...