Monianse Kirim Baju Dolomani ke Istana Negara

147
La Ode Ahmad Monianse
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) akan memakai baju adat dari Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam upacara peringatan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 mendatang.

-Advertisements-

Gubernur Sultra Ali Mazi langsung memerintahkan dua kepala daerah untuk menyiapkan baju adat yang dimaksud. Masing-masing Wali Kota Kendari dan Wali Kota Baubau.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, pihaknya sudah mengirim baju adat yang diminta oleh Gubernur Ali Mazi yakni baju Dolomani (pakaian Sultan Buton) berwarna merah.

“Baju itu sekarang sudah di Sekretariat Negara (Setneg), dua hari saya siapkan. Jadi tinggal Presiden yang menentukan, mau memakai baju dari Baubau atau Kendari saat upacara HUT RI ke 77 nanti,” tuturnya, Senin 15 Agustus 2022.

Salah satu tokoh masyarakat, Abdul Wahid mengapresiasi Presiden Jokowi yang berencana memakai pakaian Sultan Buton bernama Dolomani. Dimana, baju Dolomani ini pernah dipakai oleh Sultan Buton ke-37 Muhammad Hamidi Kaimuddin (Oputa Yi Malige).

“Pemakaian baju adat itu menggambarkan bahwa NKRI ini berasal dari daerah-daerah kerajaan dan kesultanan, salah satunya Kesultanan Buton,” katanya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...