Gubernur Sultra Beri Motivasi kepada Penari Tari Lumense yang Akan Tampil di Istana

44
Gubernur Sultra, Ali Mazi foto bersama para penari Tari Lumense.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com Guberjur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, manyambangi para penari yang terpilih menari di Istana Negara, di Jakarta. Tari Lumense adalah tarian yang berasal dari Tokotu’a, Kabaena, Kabupaten Bombana, Sultra.

-Advertisements-

Tari Lumense akan ditampilkan dalam Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, 17 Agustus 2022, pada Upacara Bendera Merah Putih di Istana Negara, Jakarta.

Gubernur Ali Mazi hadir dan memberikan dukungan penuh buat para penari. Tari Lumense terpilih untuk ditampilkan bersama tiga tarian adat dari provinsi lainnya.

Empat provinsi dengan tarian adat yang akan ditampilkan dalam upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara yaitu Tari Lumense dari Kabaena, Reog Ponorogo dari Jawa Timur, Papua, dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam pertemuan tersebut, para penari disambut oleh Pj. Sekretaris Daerah Prov. Sultra, Asrun Lio; Anggota DPR-RI, Hugua; Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Prov. Sultra, Basiran Lazaidi; Kepala Dinas Pariwasata Prov. Sultra, Belli Harli Tombili; dan Ketua KADIN Prov. Sultra, Anton Timbang.

Gubernur Ali Mazi di tengah kunjungan kerja di ibu kota negara, menyempatkan waktu untuk mengunjungi para penari Lumense. Sebanyak 100 orang penari Lumense asal Sultra yang akan tampil di Istana Presiden nanti dalam perayaan HUT RI ke-77.

Secara langsung, Ali Mazi memberikan motifasi kepada anak-anak penari yang akan membawa nama daerah agar belajar menghilangkan kegugupan saat tampil membawakan tarian Tokotua, Kabupaten Bombana.

Gubernur Sultra bersama PJ Sekda Sultra saat bertemu dengan para penari Tari Lumense.

“Harus fokus melaksanakan kegiatan ini sebaik-baiknya, dan di hadapan seluruh masyarakat Indonesia. Tentu tidak mudah melaksanakan tarian ini di hadapan rakyat Indonesia di atas banyaknya tarian dari seluruh Indonesia. Anggap ini sedang menari di Sulawesi Tenggara, jangan jadikan beban,” pesan Ali Mazi.

Pada kesempatan tersebut Ali Mazi menyampaikan rasa syukur dan kebanggan akan peran Sultra yang terpilih untuk mempersembahkan tarian tradisionalnya diantara banyaknya tarian di Indonesia.

“Sebagai Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara, saya patut berbangga, dari sekian banyak daerah dan tarian yang ada, kita yang terpilih. Ini tidak mudah. Alhamdulillah, Tari Lumense terpilih.”

Selanjutnya, Ali Mazi menyampaikan harapan dan meminta doa agar pada Upacara  HUT RI ke-77, Presiden RI, Joko Widodo menjatuhkan pilihan mengenakan baju adat dari Sultra.

“Mudah-mudahan. Kita semua berharap dan berdoa agar presiden  menggunakan baju adat dari Sulawesi Tenggara. Ini tergantung doa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, gubernur Sultra dua periode ini menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu berbagai kesiapan Sultra sehingga Tarian Lumense ke istana.

“Kepada Pj. Sekda Provinsi Sultra, Kadis Pariwisata Provinsi Sultra, Kadis Pariwisata Kabupaten Bombana, BUMD Provinsi Sultra. Terkhusus pada para pelatih, dan semua yang membantu, saya ucapkan banyak terima kasih, dan diridhoi Allah Subhana Wata’ala,” ucapnya dengan rasa syukur. (Adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...