Kakanwil Kemenkumham Sultra Sebut Tari Tradisional di Bumi Anoa Sangat Indah dan Menarik

89
Silvester Sili Laba.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Kepala kantor wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) Silvester Sili Laba sangat menyukai tarian tradisional yang ada di bumi Anoa ini.

-Advertisements-

Silvester Sili Laba mengatakan, bahwa sejak pertama masuk di Sultra di bulan pertama bergabung dengan Gubernur Sultra disitu muncul tari Lusiana, Tarian Lulo dan Haji Ali.

Menurut dia, ini tarian ada yang di Sultra sangat menarik dan luar biasa. Ini yang harus dijaga warisan nenek moyang untuk selalu dilestarikan di bumi Anoa.

“Lulo ini, sangat tertarik kepada saya. Dan tarian luar biasa, di situ ada kekeluargaan sambil berpegangan tangan dengan diikuti irama musik saling memahami dan merasakan,” ujar Kakanwil Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba saat ditemui awak media, Jumat 26 Agustus 2022.

Sungguh sangat luar biasa. Kata dia, tarian tradisional ini merupakan kebanggaan di sini dan setiap hari Jum’at jajaran Kemenkumham Sultra melakukan tarian tersebut. Selain itu juga senam kebugaran dilakukan oleh Kemenkumham secara serentak di seluruh Indonesia.

“Ada kegiatan senam pagi bersama, olahraga, tapi kami melakukan pada pukul jam 09.00 Wita. Akan tetapi sebelum melakukan senam dilaksankan tari Lulo dengan Lusiana dan Haji Ali,” katanya.

Ia juga menambahkan, tarian tradisional ini sangat bermanfaat untuk kesehatan juga. Untuk itu, harus dilestarikan dan mempertahankan nilai tradisi budaya seni tari termaksud seni musik Gambus yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Misalnya seni musik irama Gambus sangat bagus. Dengan terus dilestarikan budaya yang maka akan lebih dikenal di kanca nasional maupun internasional,” tuturnya. (C)

Reporter : Asep Wijaya
Editor : Tino vendrian

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...