Festival Pesona Perairan Menjadikan Haroana Baubau Bertabur Even Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau Idrus Taufiq Saidi (tengah) saat pose bersama sejumlah wartawan di Rujab Wali Kota Baubau, Kamis 6 Oktober 2022.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Berbagai even turut diselenggarakan untuk meramaikan rangkaian Hari Jadi Baubau ke-481 dan HUT Kota Baubau ke-21 sebagai daerah otonom pada Oktober 2022 ini.

-Advertisements-

Salah satu even yang mencolok pada peringatan yang dikemas istimewa dengan sebutan Haroana Baubau ini yakni Festival Pesona Perairan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Baubau. Even ini digelar selama tiga hari, tepatnya 7-9 Oktober 2022.

-Advertisements-

Festival Pesona Perairan tersebut meliputi lomba mancing, lomba perahu hias, dan lomba vlog. Kemudian juga ada run tourism, festival kuliner, workshop kuliner hingga workshop penyelenggara even.

-Advertisements-

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau Idrus Taufiq Saidi menuturkan, festival ini sebagai bentuk keterlibatan dinas pariwisata dengan mengambil peran dalam rangkaian Haroana Baubau. Dalam pelaksanaannya, dinas pariwisata bekerjasama dengan komunitas ataupun relasi.

“Kami menyelenggarakan lomba perahu hias, lomba vlog yang peruntukannya menyasar kaum milenial yang suka membuat konten, dan lomba mancing,” tuturnya kepada sejumlah wartawan di Rujab Wali Kota Baubau, Kamis 6 Oktober 2022.

Dari berbagai lomba yang digelar dalam festival ini, lanjut dia, lomba mancing yang animonya cukup tinggi untuk diikuti. Bahkan pesertanya ada yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kendari dan daerah sekitar Baubau.

“Informasi terakhir yang saya terima sore ini untuk lomba mancing, pesertanya sebanyak 150 orang yang berasal dari berbagai daerah. Lomba mancing ini lokasinya meliputi perairan Kabupaten Buton Tengah ataupun Buton Selatan,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau ini menambahkan, ada dua jenis kategori dalam pelaksanaan lomba mancing tersebut. Yakni kategori mancing modern dan kategori mancing tradisional.

“Penentuan pemenangnya nanti mulai dari berat hingga spesies (jenis) ikan. Itu dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2022, Minggu siang,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...