Dokumen Pengusulan Benteng Wolio sebagai Warisan Dunia Mulai Digodok

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat membuka seminar awal penyusunan dokumen pengusulan Benteng Wolio sebagai warisan dunia (Word Heritage Unesco) di Aula Kantor Dinas Dikbud Kota Baubau, Selasa 24 Oktober 2022.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mulai menggodok penyusunan dokumen pengusulan Benteng Wolio sebagai warisan dunia (Word Heritage Unesco).

-Advertisements-

Hal tersebut ditandai dengan seminar awal dengan menghadirkan para tim ahli dari berbagai universitas mulai dari Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) dan Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton).

-Advertisements-

Seminar awal penyusunan dokumen pengusulan Benteng Wolio sebagai warisan dunia (Word Heritage Unesco) ini dipusatkan di Aula Kantor Dinas Dikbud Kota Baubau, Selasa 24 Oktober 2022.

-Advertisements-

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, jika Benteng Wolio ini telah menjadi warisan dunia Unesco maka diharapkan benteng Ini bisa terpelihara dengan baik dan terjaga.

“Yang menjaganya bukan hanya kita, tapi masyarakat internasional juga ikut menjaga sebagai bentuk dari penghormatan kita kepada leluhur karena mereka sudah membuatkan kita spektakuler,” tuturnya.

Atas dasar itu, lanjut dia, meski generasi sekarang tidak bisa membuat yang lebih besar (benteng) seperti itu, maka langkah tepatnya adalah membuat benteng ini namanya menjadi lebih besar supaya melampaui ekspektasi.

“Kita harus mengantarkan benteng yang sudah diciptakan ini menjadi kelas dunia karena benteng ini merupakan hasil karya kejayaan masa lalu untuk menjadi kejayaan masa depan. Dampaknya itu (jika masuk Unesco) akan menjadi perhatian internasional, mulai dari aspek pembiayaan pelestarian karena ini kan sudah menjadi bagian dari warisan dunia,” pungkas orang nomor satu di Baubau ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau La Ode Aswad mengatakan, seminar awal ini akan terus berproses hingga seminar akhir yang akan menghasilkan sebuah dokumen.

“Nah, dokumen ini penting karena menjadi salah satu syarat dalam pengusulan Benteng Wolio menjadi warisan dunia Unesco, karena masih panjang perjalanan bisa bertahun-tahun,” ujarnya.

Aswad menambahkan, salah satu syarat lainnya yang sudah terpenuhi yakni Benteng Wolio ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah pusat, dan Benteng Wolio berada pada urutan ke-10 pada penetapan tersebut.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...