Legislatif Pantau Sidang Sengketa Pilkades Muna, Iskandar: Penundaan Harus Ada SK Bupati

Ketua Komisi I DPRD Muna, Iskandar (Ujung kiri), La Saemuna (Tengah), dan Moh. Ikhsanuddin Makmun saat memantau sidang sengketa hasil pengumuman seleksi tertulis di Kantor DPMD Muna.
Bacakan

Raha, Inilahsultra.com- Menindak lanjuti aduan para bakal calon kepala desa (Kades), yang tidak lolos seleksi, Komisi 1 DPRD Kabupaten Muna meninjau secara langsung proses pelaksanaan sidang sengketa di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Muna, Rabu, 26 Oktober 2022.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Komisi I DPRD Muna, Iskandar didampingi Sekretaris Komisi I, Moh. Ikhsanuddin Makmun dan anggota lainnya, La Saemuna, bertemu secara langsung Kepala DPMD Rustam, di ruang kerjanya.

-Advertisement-

Iskandar menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk memastikan sidang penyelesaian sengketa pada hari ini betul-betul dilaksanakan.

“Kemarin setelah penetapan Cakades, peserta yang tidak lolos seleksi diberi waktu 3 hari untuk melakukan gugatan dan hari ini kami memastikan proses itu berjalan dengan baik,” katanya.

Iskandar juga menjelaskan, bahwa pihaknya tetap akan melakukan pemantauan mulai dari sidang sengketa sampai keputusan hasil, kemudian sidang sengketa ini dipastikan tidak ada intervensi dari manapun dan Tim penyelesaian masalah ini bukan dari Pimpinan Desk Pilkades kabupaten.

“Penyelesaian masalah ini akan berjalan independen tanpa ada intervensi darimanapun dengan penilaian yang diberikan kepada peserta akan disesuaikan dengan aduannya,” jelasnya.

Ia juga menegaskan tentang pelaksanaan Pilkades, pihaknya meminta agar penundaan dan penetapan tanggal harus melalui keputusan bupati.

“Kami dari Komisi 1 pada rapat kemarin meminta agar 15 hari sebelum pelaksanaan Pilkades nantinya harus sudah ada surat keputusan Bupati Muna,” tegasnya.

Iskandar berharap kepada setiap peserta harus menerima hasil keputusan yang akan dikeluarkan nantinya oleh Hakim Pemimpin sidang sengketa maupun dari Panitia desk Pilkades.

“Kita berharap semua peserta harus menerima keputusan yang nantinya di berikan, karena panitia juga sudah memberikan pelayanan terhadap semua aduan,” harapnya. (C)

Reporter : Ebit Vernanda
Editor : Tino vendrian

Facebook Comments