Bupati Muna Jadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda

Bacakan

Raha, Inilahsultra.com- Bupati muna L.M Rusman Emba pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94. Upacara tersebut berlangsung di kantor bupati Muna, Jumat, 28 Oktober 2022.

-Advertisements-

Dalam giat itu tampak dihadiri wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta, Sekda Muna Eddy Uga, seluruh Forum Komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), para kepala Organisasi perangkat daerah (OPD).

-Advertisements-

Adapun peserta upacara berasal dari TNI, Polri, Satpol PP, ASN, dan pelajar.

-Advertisements-

Bupati muna L.M Rusman Emba selaku inspektur upacara saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI bahwa dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” katanya.

Lebih lanjut Rusman menyebut, Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Jika kita melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan,” tuturnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atas parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” tutupnya. (C)

Reporter : Ebit Vernanda
Editor : Tino vendrian

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
-Advertisements-
loading...