Sekda Sultra Ikut Rakornas TPID

Pj Sekda Sultra Asrun Lio saat mengikuti Rakornas TPID secara Virtual, Senin 31 Oktober 2022.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pj. Sekda Sultra Asrun Lio mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) secara Virtual dari Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Senin 31 Oktober 2022.

Pj Sekda Sultra Asrun Lio didampingi Danrem 143/HO Brigjen TNI Yufti Senjaya, Direskimsus Polda Sultra AKBP Bambang Wijanarko, Kepala Biro Perekonomian Hj. Usnia, Staf Kejati Sultra Asdatun Kejaksaan Tinggi Sultra Ramadani, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Sultra Wahyu Hartono, KADIN Sultra Hj. Trinop Trijasari, Perwakilan Bank Indonesia (BI), dan para Kepala Dinas lingkup Pemerintah Provinsi Sultra.

-Advertisement-

Rakornas kali ini, yang menjadi pembahasan adalah mengenai sinkronisasi program/kegiatan pengendalian inflasi daerah di bidang pertanian, pembangunan nasional, perdagangan, pangan dan hukum.

Pada Rakornas secara virtual, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian menyampaikan tentang dampak inflasi di beberapa negara, yang menyebutkan negara Turki sebagai salah satu yang terdampak inflasi dan terancam kebangkrutan.

Menurut dia, yang di rilis CNBC Indonesia bahwa perekonomian Turki dalam kondisi kacau balau dengan inflasi meroket.

Dampak lainnya, utang Negara tersebut menggunung dan Kurs mata uang terjun bebas. Dampak tersebut juga terjadi di beberapa negara seperti Inggris, Argentina, dan beberapa negara Eropa mengalaminya, sehingga demo dan mogok massal kerap terjadi.

Di negara kita, lanjut dia, Indonesia inflasi pada posisi bulan September berada di angka 1,17 persen, sedangkan sebaran inflasi terjadi di beberapa kota yakni, tertinggi secara persentase di Kota Bukittinggi 1,87 persen, dan Kota Maluku/Papua 1,49 persen, angka terendah dari kategori tertinggi. Kedua Kota tersebut merupakan yang mengalami inflasi berdasarkan Indeks Harga Konsumen (IHK) secara nasional.

Rakornas ini akan dilanjutkan besok, Selasa 1 November 2022 sampai 26 Desember 2022 yang terlaksana setiap hari.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments