LSP Rajawali Hospitality Nusantara Gelar Sertifikasi SDM Pariwisata di Baubau

Penyelenggaraan sertifikasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Kota Baubau, Kamis 3 November 2022.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com- LSP Rajawali Hospitality Nusantara yang telah mengantongi lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menggelar sertifikasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Kota Baubau, Kamis 3 November 2022.

Manajer Sertifikasi LSP Rajawali Hospitality Nusantara Asep Heryadi Susanto menuturkan, sertifikasi kompetensi SDM pariwisata ini adalah untuk memberikan pengakuan terhadap legitimasi masing-masing profesi di sektor pariwisata bidang hotel restoran dan kepemanduan.

-Advertisement-

“Ada 100 orang yang mengikuti sertifikasi kompetensi ini. Tapi kita cicil (bertahap), hari ini 50 orang dan besoknya 50 orang lagi,” tuturnya kepada Inilahsultra.com.

Kata dia, sertifikat kompetensi ini merupakan sebuah pengakuan dan sangat penting karena menjadi nilai jual bagi SDM pariwisata baik di bidang sektor hotel dan restoran atau pun kepemanduan.

“Nantinya kami akan mengeluarkan rekomendasi kompeten atau belum kompeten. Ini tujuannya untuk menuju masyarakat yang siap SDM unggul, siap dengan masyarakat ekonomi ASEAN, makanya pemerintah hadir untuk melegitimasi profesi di bidang itu karena sertifikasi kompetensi dari kami ini menggunakan standar ASEAN,” ujarnya.

Sementara itu Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) mengapresiasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi SDM pariwisata dari LSP Rajawali Hospitality Nusantara tersebut.

“Sertifikat kompetensi ini memberikan jaminan kepastian bagi pencari lapangan kerja khususnya di dunia kepariwisataan baik pemandu, pengusaha kuliner, hotel dan sebagainya,” kata Kepala Disparekraf Idrus Taufiq Saidi.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments