Melalui Gelar Karya, Siswa SMAN 1 Kendari Implementasikan Seni dan Budaya di Sultra

SMAN 1 Kendari menyelenggarakan kegiatan gelar karya seni dan budaya yang ada di Sulawesi Tenggara, bertempat di SMAN 1 Kendari, Kamis 3 November 2022.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Sekolah Menengah Atas Negeri atau SMAN 1 Kendari menyelenggarakan kegiatan gelar karya seni dan budaya yang ada di Sulawesi Tenggara, bertempat di SMAN 1 Kendari, Kamis 3 November 2022.

-Advertisements-

Kepala Sekolah SMAN 1 Kendari Ruslan, Spd., M.Si mengatakan, kegiatan gelar karya tersebut meliputi tiga jenjang peserta didik. Untuk kelas 10 terkait dengan P5 (Projek, Penguatan, Profil, Pelajar dan Pancasila). Dan ini salah satu kegiatan siswa untuk dapat mengimplementasikan projek didalam mata pelajaran.

-Advertisements-

Kemudian untuk, jenjang yang kedua adalah kelas 11 yaitu kreativitas seni. Dalam kegiatan seni para siswa untuk bisa mengenal seni dan budaya yang ada dikelas.

-Advertisements-

“Jadi, hari ini karya siswa-siswi tersebut memodifikasi bagaimana seni-seni budaya yang ada di Sultra dengan kemampuan siswa tentang tari-tari nasional,” ucap Ruslan saat ditemui diruangannya.

Lalu, ketiga gelar karya pameran aktivitas atau pameran kewirausahaan. Didalam mata pelajar tersebut para siswa bisa meracik makan khas tradisional di Sulawesi Tenggara yang sangat banyak dan kaya Sumber Daya Alam.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari. Selain itu hari ini bertepatan moment supervisi dari Dikbud Sultra sehingga dari Dikbud bisa menyaksikan langsung,” ujarnya.

Ia menerangkan, dengan kegiatan seperti ini siswa-siswi bisa mengimplementasikan hasil karyanya sehingga para siswa dapat saling mengenal di SMAN 1 Kendari.

“Saya berharap dengan kegiatan seperti ini perlu dikembangkan lagi dan dipertahanan. Kedepannya kegiatannya lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara itu, Pengawas Sekolah Dikbud Sultra Dra. Hj Surlina M.M menyampaikan kehadiran di SMAN 1 Kendari untuk menilai kinerja dari kepala sekolah dan kegiatan gelar karya seni dan budaya siswa yang dapat mengimplementasikan kurikulum sekolah merdeka.

“Jadi hasilnya dapat melihat, bahwa kegiatan ini luar biasa respon dari kepala sekolah SMAN 1 Kendari dengan adanya kurikulum sekolah merdeka siswa-siswi sangat antusias dan luar biasa,” katanya.

Untuk itu, pihaknya sangat berterima kasih kepada guru, siswa dan respon kepala sekolah apa yang dicanankan pemerintah terus dikembangkan.

“Saya sangat bangga telah mempersatukan semua, antusias siswa-siswi dengan respon  kegiatan gelar karya seni dan budaya,” ungkapnya.

Ia juga meminta kedepan kepada sekolah SMAN 1 Kendari dan guru-gurunya lebih berkreativitas dan lebih merespon kegiatan seperti ini.

“Kedepanya siswa-siswi yang sudah memiliki bakat di seni dan budaya apabila turun dilapangan sudah ada skil dan kemampuan mereka bisa dikembangkan untuk dibawah keluar dari SMAN,” tutup Surlina.(C)

Reporter : Asep Wijaya
Editor : Tino vendrian 

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...