Sekda Baubau Pastikan Anggaran Pilkada 2024 Masuk KUA-PPAS 2023

Sekda Baubau Roni Muhtar.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Seluruh daerah di Indonesia akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada tahun 2024 mendatang. Namun untuk tahapannya, dimulai pada tahun 2023.

Olehnya itu, seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) harus menganggarkan anggaran Pilkada 2024 ini sejak di APBD 2023. Tidak terkecuali Kota Baubau.

-Advertisement-

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Roni Muhtar menuturkan, berbicara tentang anggaran Pilkada maka Pemda harus menyiapkannya.

“Sudah masuk dalam (dokumen KUA-PPAS 2023). Pasti harus dikasih masuk dalam perencanaan anggaran kita 2023, untuk nominalnya sementara kita hitung,” tuturnya saat diwawancarai Inilahsultra.com, Kamis 10 November 2022.

Yang pasti, lanjut dia, ada beberapa lembaga yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada sudah mengajukan usulan besaran anggaran salah satunya KPU Kota Baubau.

“Tapi kan semua masih ada proses dan tahapan tahapan evaluasinya dan sebagainya. Sehingga untuk memastikan besarannya berapa, itu setelah selesai nanti ketuk palu di DPRD,” ujarnya.

Jenderal ASN Kota Baubau ini menambahkan, terkait pencairan anggaran Pilkada nanti akan disesuaikan dengan postur dan kemampuan daerah apakah secara bertahap atau sekaligus.

“Insya Allah, kita optimis November tuntas pembahasan anggaran untuk 2023,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments