Gubernur Sultra Canangkan Vaksinisasi PMK di Kabupaten Kolaka Utara

Gubernur Sultra Ali Mazi saat mencanangkan kegiatan vaksinasi PMK di Kabupaten Kolaka Utara, Sabtu 19 November 2022.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan percepatan vaksinasi ternak di seluruh kabupaten dan kota. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

-Advertisements-

Gubernur Sultra Ali Mazi mencanangkan vaksinasi PMK pada ternak sapi tingkat Provinsi Sultra tahun 2022, di Kabupaten Kolaka Utara, Sabtu 19 November 2022.

-Advertisements-

Kegiatan tersebut diselenggarakan tim gbungan yang terdiri dari, Petugas Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemprov Sultra dan Kabupaten Kolaka Utara.

-Advertisements-

Kegiatan ini merupakan dukungan dari Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Sultra untuk mencegah penyebaran virus PMK.

PMK adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Layanan vaksinasi PMK ini memiliki tujuan yang di antaranya adalah pembatasan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak, melindungi kelompok hewan dengan nilai tinggi, dan mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran PMK.

Sebanyak 2.000 dosis pertama untuk 1.000 ekor sapi yang akan di berikan untuk seluruh hewan ternak di wilayah Kabupaten Kolaka Utara.

Selain itu, pemberian vaksin juga akan dilaksanakan di 16 kabupaten/kota se-Provinsi Sultra. Sebanyak 62.000 dosis untuk 30.000 ekor sapi.

Turut hadir pada kegiatan vaksinasi ini antara lain, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sultra Jumardin, Unsur Forkopimda Prov. Sultra, Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Pj Bupati Kolaka Utara Parinringi, Bupati Kolaka Ahmad Safei, unsur Forkopimda Kabupaten Kolaka Utara, para pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Pemprov Sultra, sejumlah pejabat vertikal baik sipil, maupun TNI/Polri, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Biro Provinsi Sultra, serta dihadiri Pimpinan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan se- Sultra. (C)

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...