Gubernur Sultra Tinjau Persiapan Acara Puncak Hari Nusantara di Wakatobi

Gubernur Sultra H. Ali Mazi.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., melihat dari dekat persiapan jelang puncak perayaan Hari Nusantara 2022, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Senin 12 Desember 2022.

Persiapan yang dilakukan diantaranya gladi atau latihan terbang dan pendaratan yang dilakukan oleh prajurit TNI Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL) di kawasan Marina Togo Mowondu Wanci, Wakatobi.

-Advertisement-

Untuk memeriahkan Hari Nusantara tersebut, TNI AL akan menampilkan 9 kapal perang Republik Indonesia yang akan beratraksi di laut Wakatobi dan TNI AU yang membawa 2 jet tempur Sukhoi

Gladi atraksi tersebut, dilakukan oleh 24 pasukan yang tergabung dalam Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dari TNI AU dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) dari TNI AL.

Sersan Mayor Fatoni, salah seorang penerjun payung dari Batalyon Komando 464 Kopaska, Malang, Jawa Timur, menjelaskan jika mereka terjun payung dari ketinggian 7.000 kaki. Personelnya pun sudah dibagi perannya, satu kali penerbangan ada dua run dua kali loncatan.

“Satu run 12 orang, run kedua itu sudah dibagi tentang pencabutannya. Orang satu sampai dengan lima itu pencabutan 3.500 kaki yang lainnya 4.500, untuk bendera 5.000 kaki,” ujar Fatoni.

Fatoni mengungkapkan, gladi tersebut akan dilaksanakan sebelum hari H kegiatan.

“Atraksi tersebut gladi menuju puncak acara Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 13 Desember 2022. Besok gladi bersih, dan ini tantangan khusus karena biasanya terjun di daratan, lapangan, dan stadion,” sambung Fatoni.

Fatoni mengaku terkesan dengan sajian pemandangan indah laut Wakatobi yang terlihat jelas dari udara.

“Baru pertama kali lakukan atraksi terjun payung di Kabupaten Wakatobi dan mengagumi keindahan alam Kabupaten Wakatobi di sini luar biasa, karena disini tempat wisatanya bagus dan pertama kali juga kami terjun di Wakatobi. Ternyata dari atas itu bagusnya luar biasa,” tambahnya.

Untuk diketahui, Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember sebagai salah satu hari nasional merupakan penegasan dan pengingat bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Hari Nusantara tahun 2022 ini dipusatkan di Kabupaten Wakatobi dari tanggal 10-14 Desember 2022. Rencananya acara puncak perayaan Hari Nusantara akan dilaksanakan pada Selasa 13 Desember 2022 dan diagendakan bakal dihadiri Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat pemerintahan, seperti Menko Marves, Menkes, KSAL, KSAU, dan KSAD. (C)

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments