Tahun Ini, Baubau Dijatah 240 Unit Bedah Rumah

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Baubau Amalia Abibu.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com- Kota Baubau pada tahun 2023 ini mendapatkan jatah kuota bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 240 unit yang terdiri dari 35 unit bersumber dari APBD Kota Baubau dan 205 unit dari APBN.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Baubau Sitti Amalia Abibu menuturkan, untuk bedah rumah yang anggarannya dari APBD itu sebesar Rp 17,5 juta per unit. Sedangkan dari APBN sebesar Rp 20 juta per unit.

-Advertisement-

“Calon penerimanya sudah ada datanya baik dari APBD atau pun APBN dan tersebar di delapan kecamatan atau 43 kelurahan se Kota Baubau,” tutur Amalia di kantornya, Senin 9 Januari 2023.

Amalia bertekad akan mempercepat eksekusi program bedah rumah ini serta realisasi program bantuan lainnya hingga akhir masa pemerintahan Tampil Manis pada September 2023.

“Jadi eksyennya saya percepat mulai dari bedah rumah termasuk bantuan bantuan lainnya ke masyarakat karena saya mengejar di akhir masa pemerintahan Tampil Manis pada September itu sudah harus selesai,” ujarnya.

Berdasarkan data, lanjut Amalia, RTLH di Kota Baubau sebanyak 7000-an. Namun, dengan rutinnya program bedah rumah tiap tahunnya ini tentu ada penurunan dari angka 7000 RTLH tadi dan sisa 6000-an RTLH yang harus diselesaikan.

“Itu memang masih butuh waktu yang panjang untuk menyelesaikan semua, jadi kita harapkan juga program-program CSR dari BUMN karena kalau hanya mengandalkan APBD, sangat kecil. Jadi kita butuh kolaborasi,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments