Selama Empat Tahun, Dinas PUPR Baubau Buka Jalan Baru 86 Kilometer

Kepala Dinas PUPR Kota Baubau Andi Hamzah.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Selama empat tahun pemerintahan Tampil Manis (AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse), Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas PUPR telah menuntaskan pembukaan jalan baru sebanyak 210 ruas dengan total panjang 86 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Kota Baubau Andi Hamzah Machmud menuturkan, pada pembukaan jalan baru ini Pemkot Baubau belum pernah mengeluarkan biaya ganti rugi. Pasalnya, masyarakat sendiri yang menghibahkan tanahnya untuk dibukakan jalan.

-Advertisement-

“Semua ini hibah dari masyarakat. Hampir semua jalan yang kita buka ini adalah hibah dari masyarakat, itulah bentuk kerja sama kami dengan masyarakat,” tuturnya kepada Inilahsultra.com, Selasa 10 Januari 2023.

Kata dia, sepanjang dirinya dipercaya menjadi Kepala Dinas PUPR Kota Baubau, semua badan jalan baru yang dibuka tersebut minimal memiliki lebar enam meter.

“Karena kalau lebar-lebar dibawah enam meter misalnya empat meter, seperti terasa sesak jika dilintasi jalannya,” ujarnya.

Andi Hamzah menambahkan, pembukaan jalan baru tersebut lebih dominan berada di kecamatan terluar Kota Baubau agar tidak terjadi penumpukan pembangunan di satu titik.

“Jalan yang kita buka ini diharapkan bisa mengurai kepadatan jalan yang sudah ada dan bisa memberikan ruang besar bagi masyarakat untuk mengikuti pola ruang kami sehingga nanti tidak terjadi penumpukan pembangunan serta bisa terarah,” tandasnya.

Untuk diketahui, total panjang jalan di Kota Baubau saat ini berdasarkan data Dinas PUPR telah mencapai kurang lebih 390 kilometer dengan rincian sekitar 260 kilometer sudah teraspal hot mix dan perkerasan kurang lebih 125 kilometer.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments