Kementerian PUPR Minta Pegawai Manfaatkan Rusun ASN dengan Baik

Peresmian penghunian sementara Rusun ASN Kota Baubau, Jumat 13 Januari 2023.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bersama Ditjen Perumahan Kementerian PUPR meresmikan penghunian sementara Rusun ASN di Aula Serbaguna Rusun ASN Kota Baubau, Jumat 13 Januari 2023.

Dalam peresmian ini, sudah ada sekitar 20 ASN Lingkup Pemkot Baubau mau pun ASN Instansi Vertikal Kota Baubau yang menjadi penghuni pertama Rusun yang terletak di areal Palagimata tersebut.

Dirjen Perumahan yang diwakili Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Sulawesi III Iskandar Ismail menuturkan, Rusun empat lantai dengan tipe 36 ini sangat representatif sekali bagi ASN.

Pada masing-masing unit sudah dilengkapi dengan ruang tamu, dua kamar tidur, dapur, kamar mandi dan dilengkapi perabot rumah tangga lainnya. Kemudian Rusun ini juga dilengkapi musala, minimarket, dan aula serba guna serta sumur bor yang mengalir 24 jam.

“Sangat representatif sekali bagi ASN yang mempunyai anak dua atau tiga orang karena tipe 36 ini lumayan luas. KemenPUPR berharap para ASN memanfaatkan dengan baik hunian ini dan diharapkan rusun ASN ini berguna bagi kita semua,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan, Rusun ini untuk ASN yang bekerja di Kota Baubau dan sudah berkeluarga. Pasalnya berdasarkan data, Pemkot Baubau memiliki banyak ASN yang belum memiliki rumah.

“Dengan dibangunnya Rusun ASN ini harapan kami agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena dengan adanya fasilitas hunian yang layak dapat meningkatkan kinerja seorang ASN agar fokus dan terarah dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Baubau Sitti Amalia Abibu menambahkan, sejauh ini sudah ada 25 ASN (kepala keluarga) yang akan menghuni. Mereka menghuni Rusun ASN ini mulai besok, Sabtu 14 Januari 2023.

“Jadi dipersyaratkan bagi ASN yang sudah berkeluarga. Kalau yang sudah ambil formulir pendaftaran itu sekitar 40-an ASN,” ujarnya.

Untuk diketahui Rusun ASN ini rampung tahun 2018, namun mulai tahun 2019-2021 terjadi pandemi Covid-19 sehingga Pemkot Baubau menggunakan sementara sebagai rumah sehat untuk menampung pasien Covid-19.

Rusun ASN ini terdiri dari empat lantai dengan jumlah kamar 58 unit dan tarifnya diatur berdasarkan Perwali Baubau Nomor 1 Tahun 2020 dengan tarif yang bervariasi sesuai dengan tingkatannya, mulai dari harga Rp 275 ribu hingga Rp 350 ribu per bulannya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry